berbagi referensi skripsi

Analisis Perhitungan Harga Pokok Produksi Pada PTP. XIV Pabrik Gula Takalar di Kabupaten Takalar



BAB  I

  PENDAHULUAN


A.  Latar Belakang
      Kehidupan dunia usaha senantiasa diperhadapkan pada berbagai macam  tantangan, baik yang timbul dari dalam maupun dari luar perusahaan. Di dalam mencapai tujuannya suatu perusahaan tidak luput dari berbagai macam kesulitan dan persoalan.
      Keberhasilan perusahaan adalah sangat tergantung dari keterampilan atau kecermatan dari pimpinan perusahaan dalam mengelola perusahaannya demi kelangsungan hidupnya. Suatu perusahaan yang hendak berhasil di dalam mencapai tujuan utamanya yaitu untuk memperoleh keuntungan perlu memperha­tikan faktor efisien.
      Kebijaksanaan yang perlu diperhatikan dalam aktivitas perusahaan ialah bagaimana  pimpinan  perusahaan menentukan suatu tingkat harga pokok produksi yang dihasilkan agar dapat dijangkau oleh konsumen dapat bersaing dengan   perusahaan lain.
      Dalam rangka meningkatkan usaha, maka perhatian produksi  dengan biaya-biaya  yang dikeluarkan yang relevan dengan bianya dalam proses berpengaruh terhadap kualitas produksi apabila biaya ditekan untuk  membiayai produksi.
      Total biaya ataupun biaya per unit harus diketahui untuk menentukan harga jual, dalam mana besarnya keuntungan atau kerugian juga dapat diketahui, sebab tiap-tiap transaksi perusahaan selalu membandingkan bila perusahaan dititik beratkan pada harga pokok per unit (cost) yang  disertai dengan pengawasan pada saat berproduksi.      
        Untuk memperoleh laba dari kegiatan operasionalnya dalam berbagaii faktor diperhatikan seperti penghasilan dan biaya yang lebih rendah dari penghasilan itu, perusahaan dapat mencapai laba yang diinginkan. Dalam upaya mencari laba yang besar perusahaan harus mampu menjual dalam jumlah yang besar dan tingkatan harga tertentu. Keinginan perusahaan untuk memperoleh laba yang sebesar-besarnya, perusahaan harus meningkatkan kualitas dan mutu produk agar hasil dapat bersaing di pasar.
      Penjualan yang dilakukan perusahaan ditentukan dan permintaan konsumen terhadap barang yang dijual dan salah satu yang mempengaruhi permintaan konsumen dalam suatu barang adalah harga jual barang yang bersangkutan. Apalagi jumlah perusahaan yang bersifat persaingan sempurna dimana terdapat banyak penjual, konsumen mempunyai banyak pilihan terhadap barang yang dibutuhkan berdasarkan harga dan tingkat kepuasaan yang diperoleh dan barang-barang yang dibelinya.
      Selama ini disebabkan karena adanya penetapan harga penjualan sebelum dikalkulasi sejumlah biaya yang telah yang dikeluarkan oleh perusahaan, karena hasil produksi diserahkan pada bagian pemasaran untuk menetapkan harga jual.
      Perhatian pada produsen tidak terbatas pada persediaan barang atau hasil produksinya saja, tetapi juga bagaiman barang itu dapat mencapai pasar. Pasar yang dimaksud disini adalah pelanggan potensial dengan kebutuhan dan keinginan tertentu atau tempat pertemuan antara penjual dan pembeli yang saling berintraksaksi dapat terjadinya transaksi jual beli.
      Sehubungan dengan uraian sebelumnya, maka salah satu kebijakan perusahaan untuk mencapai keuntungan adalah dengan cara analisis penetapan harga jual barang. Bahwa dalam menetapkan harga jual merupakan profit planning apporoach yang didasarkan pada hubungan antara volume penjualan, laba dan pembiayaan. Oleh karena itu perusahaan harus mampu dalam menetapkan harga sebagai pedoman dalam menentukan kebijaksanaan dalam bidang penjualan maupun dibidang perencanaan laba dan keuntungan.
      Analisis menetapkan harga jual merupakan suatu masalah ketika perusahaan akan menentukan harga pertama kali .hal ini terjadi ketika perusahaan mengembangkan suatu produk atau barang yang baru, ketika perusahaan ingin memperkenalkan produk atau barangnya kesaluran distribusi atau kedaerah baru, harus memutuskan posisi produknya untuk mutu dan harga. Dalam penentuan harga pokok per unit memang rumit, karena semuanya harus dipertimbangkan terlebih dahulu terhadap unsur-unsur yang terkait menyangkut masalah biaya untuk menghasilkan barang atau jasa.
      Dalam hal penetapan harga jual terlebih dahulu harus biaya ditetapkan per unit produk yang dihasilkan dan telah memperhitungkan seluruh elemen-elemen biaya.Tanpa mengetahui harga per unit produk harga jual tidak mungkin dapat ditentukan, dalam penetapan harga jual yang pertama kali dilakukan adalah perhitungan biaya per unit produk.
      Perusahaan ini bergerak dalam bidang produksi dan penjualan gula pasir di Kota Kabupaten Takalar dan sekitar atas dasar untuk memenuhi tuntutan permintaan konsumen terhadap gula pasir yang dapat disesuaikan dengan kondisi pasar pada masa sekarang.
      Berdasarkan latar belakang maka penulis bertitik tolak pada judul “Analisis Perhitungan Harga Pokok Produksi Pada PTP. XIV Pabrik Gula Takalar di Kabupaten Takalar”
B.  Masalah Pokok

       Bertitik tolak pada latar belakang, maka permasalahan dapat dirumuskan,  sebagai berikut :      
      “Bagaimana metode perhitungan harga pokok produksi yang dilakukan perusahaan”.
C. Tujuan dan Kegunaan Penelitian

      1. Tujuan Penelitian

            Adapun tujuan penelitian, adalah :
             Untuk mengetahui metode perhitungan harga pokok produksi perusahaan
        2. Kegunaan Penelitian
          Adapun kegunaan penelitian, sebagai berikut :
          a. Sebagai bahan informasi bagi pimpinan perusahaan untuk menjadi  acuan dalam perusahaan harga pokok produksi.
          b. Sebagai bahan acuan dan pustaka sebagai pihak-pihak yang mengadakan penelitian lajutan objek yang sama.

MARI BELAJAR DAN BERBAGI
BERSAMA #Andiwani.blogspot.com
Need help or explanation contact  085 341 081 000
PIN BB 5D9B809A
0 Komentar untuk "Analisis Perhitungan Harga Pokok Produksi Pada PTP. XIV Pabrik Gula Takalar di Kabupaten Takalar"

Back To Top