berbagi referensi skripsi

Peranan Pengawasan Intern Dalam Meningkatkan Pelayanan Pada PT. Pos Indonesia Cabang Makassa



 BAB  I
PENDAHULUAN
     
A.  Latar Belakang 
      Globalisasi ekonomi menghadapkan dunia usaha pada tantangan baru yang lebih berat dan tidak mungkin dapat dihindari lagi. Ketika praktek monopoli dan persaingan tidak sehat lagi diberikan ruang lingkup dalam dunia dunia bisnis menjadi semakin tajam dan ketat. Pada era persaingan yang semakin ketat, tidak satu pelaku bisnis pun yang luput dari arena persaingan termasuk pelaku bisnis dengan status Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sekalipun. Karena hanya pelaku bisnis yang memiliki keunggulan produk, keunggulan pelayananm serta kemampuan perespon dan memuaskan kebutuhan pelanggannyakah yang akan mampu bertahan hidup pada kondisi persaingan tersebut.
      Era persaingan yang semakin ketat ini akan lebih banyak kompetisi pada segala tingkatan pasar dan pada semua sektor bisnis yang mengakibatkan pilihan yang lebih banyak pada berbagai produk barang dan jasa yang lebih menarik dengan pelayanan yang lebih baik. Disisi lain globalisasi ekonomi serta arus informasi yang sangat luas, cepat dan terbuka juga membawa konsekuensi berkembangnya masyarakat atas peayanan yang lebih baik, cepat murah, berkualitas, tuntas dan lengkap yang harus mendapat respon secara cepat dan tepat oleh para pelaku bisnis.
     Pengawasan yang dilakukan seorang pemimpin umumnya menciptakan suatu target yang akan dicapai, apakah pengawasan prefencive atau surefentive, yang harus sesuai dengan kondisi yang ada dalam organisasi yang tidak memiliki sarana yang cukup.
      Selanjutnya, dalam meningkatkan organisasi perlu di lakukan evaluasi terhadap sumber daya yang merupakan sarana bagi kita dalam meraih tujuan yang diinginkan, sehingga bisa tercipta suasana kerja dengan memanfaat sumber daya manusia sesuai keahlian masing-masing.
     Untuk itu, pengawasan intern memang penting utamanya dalam mengelolaan keuangan (pengendalian intern) pada   perusahaan, karena yang dapat dijadikan sebagai alat kontrol perusahaan adalah pencatatan dan penggunaan keuangan secara efektif dan efisien, sehingga pengelolaan keuangan suatu perusahaan dimanfaatkan sesuai dengan tujuannya. Dalam hal ini perlu adanya sistem untuk menentukan kebijaksanaan perusahaan pada waktu tertentu. Dalam kebiaksanaan yang dilakukan perusahaan perlu adanya kontrol setiap saat, agar penggunaan keuangan tidak menyimpang dari keperluan yang semestinya.
      Selanjutnya, dalam hubungannya dengan pengawasan intern kemampuan perusahaan untuk menyajikan hasil analisis nya kepada pihak-pihak memerlukan data atau informasi tentang perusahaan yang bersangkutan, sehingga pihak-pihak dapat mengambil keputusan tentang kebijaksanaan atau langkah apa yang akan diambil. Dalam pembahasan penulisan ini dititik beratkan kepada mengukur tingkat likuiditas dan pengukuran tingkat profitabilitas, karena rasio ini dapat menganalisa dan menginterprestasikan posisi keuangan untuk menyediakan alat-alat yang likuid guna menjamin pengembalian hutang jangka pendek tepat pada waktunya dan mengetahui kemampuan suatu perusahaan untuk menghasilkan keuntungan                                                               
dibandingkan dengan modal yang digunakan atau ditanamkan. Pada keadaan ini sangat diperlukan oleh para kreditur, bank atau calon-calon kreditur, baik sebagai ukuran kemampuan pengembalian pinjamannya atau ukuran kemampuan perusahaan memperoleh laba.
      Hal inilah yang mendorong penulis untuk menelaah pelayanan masyarakat  menyangkut masalah pengawasan intern dalam mengeefektivitas dan efisiensi pada Kantor PT. Pos Indonesia Cabang Makassar Propinsi Sulawesi Selatan, karena pengawasan tersebut sebagai alat kontrol terhadap pengawasan intern dianggap normal terhadap pelayanan masyarakat, sehingga penulis memilih obyek penelitian.
      Berdasarkan uraian-uraian tersebut, mendorong penulis untuk menelaah pengawasan intern dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dengan judul sebagai berikut "Peranan Pengawasan Intern Dalam Meningkatkan Pelayanan Pada PT. Pos Indonesia Cabang Makassar".

B.  Permasalahan
      Sesuai dengan latar belakang yang telah dikemukakan di atas, maka permasalahan yang dihadapi perusahaan, adalah sebagai berikut :
      "Bagaimana peranan pengawasan intern dalam meningkatan pelayanan  terhadap PT Pos Indonesia (Persero) Cabang Makassar". 

C. Tujuan dan Kegunaan Penelitian 
      Adapun  tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah :     
a.    Untuk mengetahui  peranan  pengawasan  intern  terhadap peningkatan pelayanan masyarakat.                                                                                                                                                   
b.    Untuk mengetahui metode pengawasan dalam pelaksanaan dalam pelayanan pada PT. Pos Indonesia (Persero) Cabang Makassar

      Adapun kegunaan dari pada penulisan sebagai berikut :
a.    Sebagai penulisan ini diharapkan dapat memberikan bahan masukan kepada perusahaan pengawasan intern dalam hal kinerja keuangan perusahaan.
Sebagai bahan referensi bagi pihak-pihak yang membutuhkan dalam penyelesaian studi.   

 MARI BELAJAR DAN BERBAGI
BERSAMA #Andiwani.blogspot.com
Need help or explanation contact  085 341 081 000
PIN BB 5D9B809A
0 Komentar untuk "Peranan Pengawasan Intern Dalam Meningkatkan Pelayanan Pada PT. Pos Indonesia Cabang Makassa"

Back To Top