BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Setiap kegiatan usaha yang
bergerak dalam bidang produksi barang atau jasa, perlu dikelola secara efisien
dan efektif guna mencapai tujuan yang optimal, oleh karena itu sangat
diperlukan adanya penerapan fungsi manajemen disamping memperhatikan pengaruh dari
berbagai aspek.
Sukses atau tidaknya suatu
perusahaan yang beroperasi selalu dihadapkan dengan biaya, biaya yang
dibutuhkan oleh perusahaan. Perusahaan harus memberikan produk yang menarik dan
kualitasnya terjamin, menetapkan harga jual, kegiatan promosi guna mencapai
tujuan yang diharapkan. Untuk mencapai hal tersebut, perusahaan harus
mengarahkan kegiatan usahanya agar menghasilkan produk yang dapat memberikan
kepuasan kepada konsumen dan keuntungan bagi perusahaan.
Sistem Pemasaran merupakan
salah satu diantara beberapa kegiatan manajemen yang mempunyai peranan penting
karena merupakan penunjang langsung terhadap kegiatan perusahaan dan juga
terhadap volume penjualan untuk memperoleh laba yang optimal dari hasil penjualan
yang maksimal.
Sebagaimana diketahui, bahwa
dalam rangka pencapaian laba yang optimal, tentunya terlebih dahulu perusahaan
harus mampu merebut pangsa pasar (market
share) lebih besar dan ini hanya mungkin tercapai bila perusahaan cukup jeli
melihat needs and wants (kebutuhan dan keinginan) dari calon konsumen, selain
jangkauan tingkat ekonomi masyarakat juga perlu diperhatikan.
Untuk mencapai maksud dan
tujuan dari perusahaan tersebut, dibutuhkan beberapa strategi pemasaran dalam
menunjang pencapaian tersebut diantaranya strategi bauran promosi yang salah
satunya adalah promosi penjualan sebagai suatu strategi dalam memasarkan
jasa-jasa yang akan ditawarkan atau dijual. Karena adanya strategi ini akan
membawa pengaruh yang sangat besar dalam penjualan dii masa yang akan datang.
Tanpa promosi, tentu akan berakibat semakin kecill volume penjualan yang dapat
dicapai perusahaan bersangkutan. Promosi sebagian dari kegiatan pemasaran
merupakan salah satu aspek yang dapat menunjang keberhasilan perusahaan dalam
mempertahankan dan meningkatkan panga pasar.
Demikian halnya dengan PT.Toyota
Hadji Kalla Makassar yang menjadi objek penelitian penulis. Untuk tetap
mempertahankan eksistensinya, usaha yang harus ditempuh perusahaan yaitu
sebelum memasarkan jasanya, terlebih dahulu mengadakan kegiatan promosi. PT. Toyota
Hadji Kalla Makassar merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang
penjualan kendaraan merek Toyota. Dalam hal ini penulis memfokuskan penelitian
pada salah satu jenis mobil Toyota khususnya Avanza.
Dari kegiatan promosi
penjualan yang dilakukan diharapkan dapat meningkatkan penjualan mobil dan
mencapai keuntungan. Dari uraian tersebut di atas, maka penulis memilih judul "Analisis
Biaya Promosi Terhadap Peningkatan Penjualan pada PT. Toyota Hadji Kalla
Makassar".
B. Masalah Pokok
Berdasarkan
latar belakang di atas, maka yang
menjadi ; pokok permasalahan adalah: " Bagaiamana
pengaruh biaya promosi terhadap
peningkatan penjualan pada PT. Toyota
Hadji Kalla Makassar ?".
C. Tujuan dan Kegunaan Penulisan
a. Tujuan
Tujuan penelitian ini
adalah untuk mengetahui
pengaruh biaya promosi terhadap
peningkatan penjualan pada PT. Toyota Hadji Kalla Makassar.
b. Kegunaan Penulisan
- Sebagai
bahan masukan bagi pihak manajemen perusahaan sehubungan dengan pengaruh biaya
promosi terhadap peningkatan penjualan.
- Sebagai bahan acuan bagi pihak
yang mengadakan penulisan dengan masalah yang sama. MARI BELAJAR DAN BERBAGI
BERSAMA #Andiwani.blogspot.com
Need help or explanation contact 085 341 081 000
PIN BB 5D9B809A
0 Komentar untuk "Analisis Biaya Promosi Terhadap Peningkatan Penjualan pada PT. Toyota Hadji Kalla Makassar"