berbagi referensi skripsi

Analisis Biaya Promosi Terhadap Peningkatan Penjualan pada PT. Toyota Hadji Kalla Makassar



BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Setiap kegiatan usaha yang bergerak dalam bidang produksi barang atau jasa, perlu dikelola secara efisien dan efektif guna mencapai tujuan yang optimal, oleh karena itu sangat diperlukan adanya penerapan fungsi manajemen disamping memperhatikan pengaruh dari berbagai aspek.
Sukses atau tidaknya suatu perusahaan yang beroperasi selalu dihadapkan dengan biaya, biaya yang dibutuhkan oleh perusahaan. Perusahaan harus memberikan produk yang menarik dan kualitasnya terjamin, menetapkan harga jual, kegiatan promosi guna mencapai tujuan yang diharapkan. Untuk mencapai hal tersebut, perusahaan harus mengarahkan kegiatan usahanya agar menghasilkan produk yang dapat memberikan kepuasan kepada konsumen dan keuntungan bagi perusahaan.
Sistem Pemasaran merupakan salah satu diantara beberapa kegiatan manajemen yang mempunyai peranan penting karena merupakan penunjang langsung terhadap kegiatan perusahaan dan juga terhadap volume penjualan untuk memperoleh laba yang optimal dari hasil penjualan yang maksimal.
Sebagaimana diketahui, bahwa dalam rangka pencapaian laba yang optimal, tentunya terlebih dahulu perusahaan harus mampu merebut pangsa pasar (market share) lebih besar dan ini hanya mungkin tercapai bila perusahaan cukup jeli melihat needs and wants (kebutuhan dan keinginan) dari calon konsumen, selain jangkauan tingkat ekonomi masyarakat juga perlu diperhatikan.
Untuk mencapai maksud dan tujuan dari perusahaan tersebut, dibutuhkan beberapa strategi pemasaran dalam menunjang pencapaian tersebut diantaranya strategi bauran promosi yang salah satunya adalah promosi penjualan sebagai suatu strategi dalam memasarkan jasa-jasa yang akan ditawarkan atau dijual. Karena adanya strategi ini akan membawa pengaruh yang sangat besar dalam penjualan dii masa yang akan datang. Tanpa promosi, tentu akan berakibat semakin kecill volume penjualan yang dapat dicapai perusahaan bersangkutan. Promosi sebagian dari kegiatan pemasaran merupakan salah satu aspek yang dapat menunjang keberhasilan perusahaan dalam mempertahankan dan meningkatkan panga pasar.
Demikian halnya dengan PT.Toyota Hadji Kalla Makassar yang menjadi objek penelitian penulis. Untuk tetap mempertahankan eksistensinya, usaha yang harus ditempuh perusahaan yaitu sebelum memasarkan jasanya, terlebih dahulu mengadakan kegiatan promosi. PT. Toyota Hadji Kalla Makassar merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang penjualan kendaraan merek Toyota. Dalam hal ini penulis memfokuskan penelitian pada salah satu jenis mobil Toyota khususnya Avanza.
Dari kegiatan promosi penjualan yang dilakukan diharapkan dapat meningkatkan penjualan mobil dan mencapai keuntungan. Dari uraian tersebut di atas, maka penulis memilih judul "Analisis Biaya Promosi Terhadap Peningkatan Penjualan pada PT. Toyota Hadji Kalla Makassar".

B. Masalah Pokok
Berdasarkan latar belakang di atas, maka    yang menjadi ; pokok permasalahan adalah: " Bagaiamana pengaruh biaya  promosi terhadap peningkatan penjualan pada PT. Toyota Hadji Kalla Makassar ?".

C. Tujuan dan Kegunaan Penulisan
a. Tujuan
Tujuan  penelitian  ini  adalah  untuk  mengetahui  pengaruh biaya   promosi terhadap peningkatan penjualan pada        PT. Toyota Hadji Kalla Makassar.
b. Kegunaan Penulisan
-  Sebagai bahan masukan bagi pihak manajemen perusahaan sehubungan dengan pengaruh biaya promosi terhadap peningkatan penjualan.
- Sebagai bahan acuan bagi pihak yang mengadakan penulisan dengan masalah yang sama.                       

 MARI BELAJAR DAN BERBAGI
BERSAMA #Andiwani.blogspot.com
Need help or explanation contact  085 341 081 000
PIN BB 5D9B809A
0 Komentar untuk "Analisis Biaya Promosi Terhadap Peningkatan Penjualan pada PT. Toyota Hadji Kalla Makassar"

Back To Top