berbagi referensi skripsi

Analisis Penetapan Harga Jual Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Pada PT Karya Triagung Permai Makassa



BAB   I

  PENDAHULUAN


A. Latar Belakang

      Suatu perusahaan yang berorientasi profit, di saming untuk memenuhi permintaan konsumen dalam melaksanakan kegiatan operasionalnya harus memperhatikan berbagai faktor seperti penghasilan dan biaya. Dalam upaya mencari laba yang sebesar-besarnya (keuntungan) perusahaan harus mampu menjual dalam jumlah yang besar dan tingkatan harga tertentu. Keinginan perusahaan untuk memperoleh laba (keuntungan) yang sebesar-besarnya, perusahaan harus meningkatkan kualitas dan mutu produk agar dapat bersaing di pasar.
      Penjualan yang dilakukan perusahaan ditentukan oleh permintaan konsumen terhadap barang yang dijual dan salah satu yang mempengaruhi permintaan konsumen dalam suatu barang adalah harga jual barang yang bersangkutan. Apalagi jumlah perusahaan yang semakin banyak bergerak dalam bidang yang sama, dimana terdapat banyak penjual, konsumen mempunyai banyak pilihan terhadap barang yang dibutuhkan berdasarkan harga dan tingkat kepuasaan yang diperoleh dan barang-barang yang dibelinya.

      Sering terjadinya dalam penetapan jual perusahaan tidak melakukan kalkulasi terhadap biaya yang telah dikeluarkan oleh perusahaan, karena hasil produksi langsung diserahkan ke bagian pemasaran untuk menetapkan harga jual, sehingga bagian pemasaran dalam menetapkan harga jual tanpa mempertimbangkan biaya-biaya yang dikeluarkan berkaitan dengan produk tersebut.
      Sehubungan dengan uraian tersebut, maka salah satu kebijakan perusahaan untuk mencapai keuntungan adalah dengan cara analisis penetapan harga jual barang, penetapan harga jual merupakan profit planning apporoach yang didasarkan pada hubungan antara volume penjualan, laba dan pembiayaan. Oleh karena itu perusahaan harus mampu dalam menetapkan harga jual sebagai pedoman dalam menentukan kebijaksanaan dalam bidang penjualan maupun dibidang perencanaan  laba perusahaan dengan kebijakan harga jual dapat dipertimbangkan harga pasar dan kondisi sosial konsumen.
      Analisis menetapkan harga jual merupakan suatu masalah ketika perusahaan akan menentukan harga pertama kali. Hal ini terjadi ketika perusahaan mengembangkan suatu produk atau barang yang baru, ketika perusahaan ingin memperkenalkan produk atau barangnya kesaluran distribusi atau kedaerah baru, harus memutuskan posisi produknya untuk mutu dan harga. Dalam penentuan harga pokok per unit memang rumit, karena semuanya harus dipertimbangkan terlebih dahulu terhadap unsur-unsur yang terkait menyangkut masalah biaya untuk menghasilkan.
      Dalam hal penetapan harga jual terlebih dahulu harus biaya ditetapkan per unit produk yang dihasilkan dan telah memperhitungkan seluruh elemen-elemen biaya.Tanpa mengetahui harga per unit produk harga jual tidak mungkin dapat ditentukan, dalam penetapan harga jual yang pertama kali dilakukan adalah perhitungan biaya per unit produk.
      Harga jual per unit yang telah ditetapkan perusahaan memang sudah diketahui secara keseluruh unsur-unsur biaya dalam pengelolaan kayu yang berkaitan dari seluruh unsur-unsur biaya yang telah dikorbankan untuk mencapai hasil. Dalam hal proses produksi, dengan memulainya sejak pembelian bahan baku hingga proses produksi dapat di pasar dan dapat diterima dipasar.
     Pengelolaan kayu gelondongan menjadi kayu olahan untuk siap di pasarkan dalam berbagai daerah yang dapat  menentukan peningkatan volume penjualan adalah penetapan harga jual dengan dasar bahwa penetapan harga jual telah diperhitungan unsur-unsur biaya yang telah dikorbankan. 
      PT. Karya Triagung Permai merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang produksi dan penjualan kayu di Kota Makassar dan sekitarnya. Dalam Wilayah Kota Makassar banyak perusahaan yang bergerak dalam bidang yang sama, oleh larena itu perusahaan harus berhati-hati dalam menetapkan harga jual.
      Berdasarkan latar belakang tersebut, maka penulis berminat melakukan penelitian dengan formulasi judul “Analisis Penetapan Harga Jual Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Pada  PT Karya Triagung Permai Makassar”

B.  Masalah Pokok

       Bertitik tolak pada latar belakang ,maka permasalahan dapat dirumuskan,  sebagai berikut :
      “Apakah penetapan harga jual dapat meningkatkan volume penjualan”.
C. Tujuan dan Kegunaan Penelitian

      1. Tujuan Penelitian
            a. Untuk mengetahui penetapan harga jual dalam perusahaan
            b. Untuk mengetahui peningkatan volume penjualan perusahaan
     
      2. Kegunaan Penelitian
          a. Sebagai bahan informasi bagi pimpinan perusahaan untuk menjadi  acuan   dalam penetapan harga jual produk.
          b. Sebagai bahan acuan dan pustaka sebagai pihak-pihak yang mengadakan penelitian lanjutan dalam masalah yang sama.

 MARI BELAJAR DAN BERBAGI
BERSAMA #Andiwani.blogspot.com
Need help or explanation contact  085 341 081 000
PIN BB 5D9B809A
0 Komentar untuk "Analisis Penetapan Harga Jual Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Pada PT Karya Triagung Permai Makassa"

Back To Top