berbagi referensi skripsi

Analisis Penetapan Kebijaksanaan Distribusi Pemasaran Make Up Pada PT. Cempakah Murni Makassar



                      I. PENDAHULUAN

1.1. Latar Belakang

      Untuk menunjang perkembangan dalam dunia bisnis pada saat sekarang, maka salah aspek penting ditelaah adalah      masalah peranan distributor sebagai bahagian dari kegiatan perusahaan baik perusahaan pemerintah maupun perusahaan swasta. Apabila perusahaan tidak dapat menjalankan prinsip pemasaran atau marketing dengan baik, tentunya perusahaan mempunyai strategi tentang upaya penjualan barang dagangan dengan difungsikan distributor.      
Selanjutnya, perusahaan mempunyai kegiatan-kegiatan lain dalam percaturan dunia perdagangan yang berjalan dengan baik tetapi apabila perusahaan akan memperbaiki strategi dan situasi persaingan pasar kian hari semakin ketat, sehingga perlu mempunyai pisi dan pandangan terhadap barang apa yang akan dipasarkan.                                                   
Sejalan dengan perkembangan tersebut maka sebagai bangsa yang sedang membangun, khususnya bangsa Indonesia sangat penting artinya untuk membangun disegala sektor baik pembangunan disektor pertanian, pertambangan  dan sektor lain yang tak kala pentingnya yaitu pada bidang pemasaran make up, semprot, sabun mandi dan barang-barang lainnya, kondisi ini merupakan dorongan bagi perkembangan dunia usaha yang dapat menunjang timbulnya perusahaan-perusahaan yang mendukung pembangunan.
class=WordSection2>
Akan tetapi pihak swasta dalam hal ini para pengusaha

                             1

2
keberhasilannya banyak ditentukan oleh kecermatan dan   keuletan dalam mengelola usahanya untuk kelangsungan hidup serta untuk tingkat keuntungan yang diharapkan. Juga   bagaimana mengambil suatu keputusan yang tepat dalam menghadapi berbagai masalah. Dengan perkembangan teknologi  yang semakin canggih, maka jumlah barang yang dihasilkan semakin banyak jumlahnya dan beraneka ragam sehingga dapat menimbulkan masalah yaitu bertumpuknya barang dipihak produsen yang tentunya memerlukan pemikiran bagaimana memasarkannya atau dengan kata lain bagaimana upaya sampai di tangan konsumen.
Penilaian pemasaran dimasa yang akan datang tidaklah terlepas dari analisis tentang keadaan masa silam, keadaan masa sekarang, keadaan perubahan industri, yang selanjutnya kita dapat merencanakan, menulis dan menentukan kondisi apa dan bagaimana yang akan dialami perusahaan yang akan datang       
Untuk kelancaran dalam pendistribusian barang, maka yang harus diperhatikan adalah lembaga niaga maka yang    paling tepat digunakan mana yang lebih efisien. Karena barang yang satu belum tentu sama saluran distribusinya dengan barang yang lain. Apabila tidak demikian, maka dapat  mengakibatkan hambatan dalam penyaluran barang dagangan dari produsen ke konsumen yang selanjutnya barang lambat tiba dan kemungkinan besar tidak terjual, sehingga dapat merugikan perusahaan.
Sistem pemasaran dapat memecahkan persoalan tentang semua kegiatan atau usaha agar barang-barang hasil produksi
3  sedapat  mungkin di distribusikan atau digerakan dengan lancar dari sektor produsen kepada konsumen melalui proses pertukaran atau penjualan yang saling menguntungkan.   Terjadinya transaksi jual beli karena adanya kemupakatan antara penjual dan pembeli, sehingga antara penjual dan pembeli saling ketergantungan dalam memainkan perannya sebagai penjual.      
Distribusi  dan penjualan merupakan kegiatan yang   tidak dapat dipisahkan dalam perusahaan, karena sebelum terjadi penjualan barang-barang hasil produksi, maka di distribusikan lebih dahulu. Secara teoritis orang dapat cenderung agar distribusi dan penjualan barang dapat    dilakukan secara bersama-sama namun di dalam praktek hal itu sering tidak dapat dilakukan karena jumlah permintaan pada suatu tempat tidak cukup besar atau banyak menimbulkan persoalan yang tidak perlu ada, maka akan mengakibatkan pendistribusian dan penjualan tidak disesuaikan dengan rencana yang telah digariskan. Berdasarkan hal tersebut di atas penulis tertarik untuk  mengambil judul "Analisis Penetapan Kebijaksanaan Distribusi Pemasaran Make Up Pada PT. Cempakah Murni Makassar".


1.2. Permasalahan
Berdasarkan latar belakang diatas, maka permasalahan yang diajukan adalah, sebagai berikut :

"Apakah strategi pemasaran yang diterapkan perusahaan dapat meningkatkan pangsa pasar".

                                               4
1.3. Tujuan dan Kegunaan Penelitian 
1.3.1. Tujuan dari penelitian sebagai berikut :
1) Untuk mengetahui strategi pemasaran yang diterapkan 
perusahaan.
2) Untuk mengetahui pangsa pasar yang dicapai perusahaan.    
1.3.2. Kegunaan penelitian, sebagai berikut :
1) Sebagai masukan dan bahan informasi kepada perusahaan.
2) Sebagai acuan dan bahan pustaka untuk penelitian    lanjutan pada obyek yang sama.


MARI BELAJAR DAN BERBAGI
BERSAMA #Andiwani.blogspot.com
Need help or explanation contact  085 341 081 000
PIN BB 5D9B809A


0 Komentar untuk "Analisis Penetapan Kebijaksanaan Distribusi Pemasaran Make Up Pada PT. Cempakah Murni Makassar"

Back To Top