I. PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang
Untuk
menunjang perkembangan dalam dunia bisnis pada saat sekarang, maka salah aspek
penting ditelaah adalah masalah
peranan distributor sebagai bahagian dari kegiatan perusahaan baik perusahaan
pemerintah maupun perusahaan swasta. Apabila perusahaan tidak dapat menjalankan
prinsip pemasaran atau marketing dengan baik, tentunya perusahaan mempunyai
strategi tentang upaya penjualan barang dagangan dengan difungsikan
distributor.
Selanjutnya, perusahaan mempunyai
kegiatan-kegiatan lain dalam percaturan dunia perdagangan yang berjalan dengan
baik tetapi apabila perusahaan akan memperbaiki strategi dan situasi persaingan
pasar kian hari semakin ketat, sehingga perlu mempunyai pisi dan pandangan
terhadap barang apa yang akan dipasarkan.
Sejalan dengan perkembangan tersebut
maka sebagai bangsa yang sedang membangun, khususnya bangsa Indonesia sangat
penting artinya untuk membangun disegala sektor baik pembangunan disektor
pertanian, pertambangan dan sektor lain
yang tak kala pentingnya yaitu pada bidang pemasaran make up, semprot, sabun
mandi dan barang-barang lainnya, kondisi ini merupakan dorongan bagi
perkembangan dunia usaha yang dapat menunjang timbulnya perusahaan-perusahaan
yang mendukung pembangunan.
class=WordSection2>
Akan tetapi pihak swasta dalam hal ini
para pengusaha
1
2
keberhasilannya
banyak ditentukan oleh kecermatan dan
keuletan dalam mengelola usahanya untuk kelangsungan hidup serta untuk
tingkat keuntungan yang diharapkan. Juga
bagaimana mengambil suatu keputusan yang tepat dalam menghadapi berbagai
masalah. Dengan perkembangan teknologi
yang semakin canggih, maka jumlah barang yang dihasilkan semakin banyak
jumlahnya dan beraneka ragam sehingga dapat menimbulkan masalah yaitu
bertumpuknya barang dipihak produsen yang tentunya memerlukan pemikiran
bagaimana memasarkannya atau dengan kata lain bagaimana upaya sampai di tangan
konsumen.
Penilaian pemasaran dimasa yang akan
datang tidaklah terlepas dari analisis tentang keadaan masa silam, keadaan masa
sekarang, keadaan perubahan industri, yang selanjutnya kita dapat merencanakan,
menulis dan menentukan kondisi apa dan bagaimana yang akan dialami perusahaan
yang akan datang
Untuk kelancaran dalam pendistribusian
barang, maka yang harus diperhatikan adalah lembaga niaga maka yang paling tepat digunakan mana yang lebih
efisien. Karena barang yang satu belum tentu sama saluran distribusinya dengan
barang yang lain. Apabila tidak demikian, maka dapat mengakibatkan hambatan dalam penyaluran
barang dagangan dari produsen ke konsumen yang selanjutnya barang lambat tiba
dan kemungkinan besar tidak terjual, sehingga dapat merugikan perusahaan.
Sistem pemasaran dapat memecahkan
persoalan tentang semua kegiatan atau usaha agar barang-barang hasil produksi
3
sedapat mungkin di distribusikan
atau digerakan dengan lancar dari sektor produsen kepada konsumen melalui
proses pertukaran atau penjualan yang saling menguntungkan. Terjadinya transaksi jual beli karena adanya
kemupakatan antara penjual dan pembeli, sehingga antara penjual dan pembeli
saling ketergantungan dalam memainkan perannya sebagai penjual.
Distribusi dan penjualan merupakan kegiatan yang tidak dapat dipisahkan dalam perusahaan,
karena sebelum terjadi penjualan barang-barang hasil produksi, maka di
distribusikan lebih dahulu. Secara teoritis orang dapat cenderung agar
distribusi dan penjualan barang dapat
dilakukan secara bersama-sama namun di dalam praktek hal itu sering
tidak dapat dilakukan karena jumlah permintaan pada suatu tempat tidak cukup
besar atau banyak menimbulkan persoalan yang tidak perlu ada, maka akan
mengakibatkan pendistribusian dan penjualan tidak disesuaikan dengan rencana
yang telah digariskan. Berdasarkan hal tersebut di atas penulis tertarik
untuk mengambil judul "Analisis
Penetapan Kebijaksanaan Distribusi Pemasaran Make Up Pada PT. Cempakah Murni
Makassar".
1.2.
Permasalahan
Berdasarkan latar belakang diatas, maka
permasalahan yang diajukan adalah, sebagai berikut :
"Apakah strategi
pemasaran yang diterapkan perusahaan dapat meningkatkan pangsa pasar".
4
1.3.
Tujuan dan Kegunaan Penelitian
1.3.1.
Tujuan dari penelitian sebagai berikut :
1)
Untuk mengetahui strategi pemasaran yang diterapkan
perusahaan.
2)
Untuk mengetahui pangsa pasar yang dicapai perusahaan.
1.3.2.
Kegunaan penelitian, sebagai berikut :
1)
Sebagai masukan dan bahan informasi kepada perusahaan.
2) Sebagai acuan dan
bahan pustaka untuk penelitian
lanjutan pada obyek yang sama.
BERSAMA #Andiwani.blogspot.com
Need help or explanation contact 085 341 081 000
PIN BB 5D9B809A
0 Komentar untuk "Analisis Penetapan Kebijaksanaan Distribusi Pemasaran Make Up Pada PT. Cempakah Murni Makassar"