BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Perkembangan yang mencolok
selama beberapa dasawarsa menjelang dimulainya abad XXI ditandai dengan banyak
aspek pentingnya informasi dan pengolahan data di dalam banyak aspek kehidupan
manusia. Dengan tersedianya berbagai bentuk media informasi, kini masyarakat
memiliki pilihan yang lebih untuk mengetahui apa saja yang ingin mereka ketahui
dengan segera.
Masyarakat
membutuhkan informasi tentang pelayanan maupun perkembangan dalam dunia
sekarang baik melalui media masa maupun melalui media elektronik kesemua ini
penting diketahui oleh masyarakat banyak.
Informasi apa
saja yang perlu diketahui masyarakat utamanya dalam pelayanan, perkembangan
jaman sekarang, dan perubahan adanya informasi yang bisa mendukung aktivitas
sehari-hari, sehingga masyarakat mengikuti perkembangan saat sekarang, oleh
karena perkembangan tehnologi dalam dunia perkembangan harus diikuti.
Selanjutnya,
dalam penerapan sistem informasi maajemen dibutuhkan oleh makalangan masyarakat
akan informasi, peradaban yang telah dan sedang dialami oleh manusia dibagi
dalam tiga golongan yang pertama yaitu golongan peradaban agraris yang dimulai
pada tahun 800 SM, sampai dengan sekitar 1700 M, yang kedua gelombang peramaian
industri pada tahun 1970-an. Hal ini ditandai dengan adanya Revolusi Industri
yang ketiga adalah gelombang komunikasi dari pengolahan data yang dikenal
dengan istilah perkembangan informasi melalui elektronik.
Untuk
sementara ini sering dengan lajunya gerak pembangunan organisasi-organisasi politik
atau swasta semakin banyak yang mampu memanfaatkan teknologi baru yang dapat
menunjang efektivitas produktivitas dan efisiensi mereka. Perusahaan bergerak
bidang jasa sebagai perusahaan swasta
penuh bekerja sama dengan PT. Bank Negara Indonesia (Persero) tidak terlepas
dalam masalah ini. Di dalam mengantisipasi para pesaing antar lembaga keuangan
dimana diantara mereka sudah banyak yang menerapkan sistem informasi dan
komunikasi data, baik dalam penunjang operasional perusahaan maupun dalam
pengambilan keputusan manajemen sehingga tugas-tugas dan pelayanan kepada
publik (masyarakat) dapat diselesaikan dengan cara efektif dan efisien.
Perusahaan ini bekerja sama dengan PT. Bank Negara Indonesia dan juga kerjasamanya dengan Bank Swasta Nasional
yaitu Kartu Kredit dan ATM, pembuatan kartu tersebut melalui Sistem Informasi
Manajemen Operasional agar lebih cepat sistem kerja dan terarah segala kegiatan
perusahaan setelah menggunakan (SiMOP).
PT. Jaya Abadi
Makassar dengan mempunyai perangkat kerja yang bisa mengakses informasi atas
mitra kerja melalui komputer, dengan dasar itu perusahaan bekerja secara
operasional yang sudah tertata dengan operasonal kerja lebih cepat serta tepat
sasaran.
Mengingat dua
hal yang mendasar dalam tata kerja dan operasional pada kantor perusahaan PT.
Jaya Abadi Makassar yaitu tugas-tugas yang terlaksana dengan baik (efektif dan
efisien) dan peningkatan pelayanan kepada masyarakat yang bermuara pada
perusahaan, maka PT. Jaya Abadi ini telah menyelenggarakan suatu sistem
operasional yang disebut Sistem Informasi Manajemen Operasional (SIMOP) yang
ditandai dengan penerapan penggunaan sistem komputerisasi Sistem Informasi
Manajemen Operasional.
Informasi
sangat dibutuhkan oleh masyarakat baik melalui elektronik maupun melalui media
masa, yang bertujuan untuk mengetahui perkembangan jaman sekarang, sehingga
adakalanya terselubung hanya orang-orang tertentu saja bisa ketahui. Melalui
sistem ini perkembangan informasi di era reformasi diharapkan adanya
transparansi yang memang bisa diketahui oleh masyarakat umum.
Sehubungan
dengan itu, penulis mencoba untuk melihat sampai sejauhmana penerapan dari
penggunaan komputerisasi Sistem Informasi Manajemen Operasional (SISMIOP) pada
Kantor Perusahaan PT. Jaya Abadi Makassar apakah sudah sesuai dengan tujuan,
yaitu optimalisasi pendapatan efisiensi biaya cara kerja yang efektif dan
peningkatan pelayanan kepada nasabah mengingat penerapan dan sistem ini masih
relatif baru (kurang lebih dua tahun)
pada saat ini, oleh sebab itu penulis tertarik memilih judul "Penerapan Sistem Informasi Manajemen (
SIM ) Terhadap Efektivitas Kerja Pada PT. Jaya Abadi Makassar".
B. Masalah
Pokok
Berdasarkan latar belakang di atas, maka yang menjadi
permasalahan dalam pembahasan ini, adalah :
"Bagaimana
penerapan sistem informasi Manajemen terhadap efektifitas kerja pada PT. Jaya
Abadi Makassar".
C. Tujuan dan Kegunaan Penelitian
1. Tujuan dari
penelitian sebagai berikut :
1. Untuk mengetahui prosedur dan tata kerja
sistem informasi manajemen yang berguna bagi manajemen tingkat perusahaan.
2.
Untuk mengetahui penerapan sistem informasi Manajemen pada perusahaan secara
efektif.
2. Kegunaan penelitian sebagai berikut :
1.
Sebagai bahan masukan kepada bagi pihak perusahaan yang bersangkutan utamanya
pihak nasabah khususnya di Kota Makassar terutama dalam penerapan Sistem
Informasi Manajemen (SIM) dimasa yang
akan datang.
2. Bagi penulis sebagai bahan latihan dalam memecahkan
masalah penerapan Sistem Informasi manajemen (SIM) pada PT. Jaya Abadi
Makassar.
MARI BELAJAR DAN BERBAGI
BERSAMA #Andiwani.blogspot.com
Need help or explanation contact 085 341 081 000
PIN BB 5D9B809A
BERSAMA #Andiwani.blogspot.com
Need help or explanation contact 085 341 081 000
PIN BB 5D9B809A
0 Komentar untuk "Penerapan Sistem Informasi Manajemen ( SIM ) Terhadap Efektivitas Kerja Pada PT. Jaya Abadi Makassar"