berbagi referensi skripsi

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI POKOK BILANGAN BULAT PADA SISWA KELAS IVA SD NEGERI TALLANG-TALLANG MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW


BAB I
PENDAHULUAN


A.    LatarBelakang
Pendidikanmerupakanjalanutama yang strategisdalamupayamembinadanmengembangkankualitasdansumberdayamanusia Indonesia.Manusia yangberkualitassangatdibutuhkanuntukmendukung proses pembangunan nasional Bangsa Indonesia. Menyadari pentingnya matematika sebagai salah satu penopang perkembangan IPTEK, maka hasil belajar matematika di setiap jenjang pendidikan perlu mendapat perhatian yang serius.
Salah satu kendala dalam pembelajaran matematika yang dialami oleh siswa yaitu sikap negatif terhadap bidang studi matematika yang menganggap matematika adalah pelajaran yang sulit dipahami, membosankan dan menakutkan. Rendahnya prestasi belajar siswa juga disebabkan oleh kurangnya interaksi dan kerjasama antarsiswa dalam menyelesaikan soal-soal yang diberikan.
Berdasarkan informasi yang diperoleh dari guru wali kelas IVA SD Negeri Tallang-tallang St. Maisyah S.Pd yang mengatakan bahwa kemampuan siswanya dalam menyelesaikan soal-soal matematika masih sangat rendah. Hal ini dikarenakan penyajian materi matematika masih bersifat monoton dan membosankan, sehingga siswa kurang berminat, bahkan tidaktertarik untuk belajar matematika. Akibatnya hasil belajar matematika siswa masih dibawah KKM 65, yakni rata-rata 60 berdasarkan nilai ulangan harian pokok bahasan bilangan bulat sebelumnya.
Untuk itu diperlukan solusi agar seluruh siswa merasa menjadi bagian dalam proses pembelajaran. Padapenyajianmateripelajarankepadapesertadidik, pendidikharusmemilihmodel pembelajaran yang sesuaidengankondisipesertadidikdanmateri yang diajarkan.Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsawmerupakan salah satu solusi terhadap masalah yang dialami siswa kelas IVA SD Negeri Tallang-tallang.
Model pembelajarankooperatiftipejigsawmerupakansalahsatupendekatanstruktural, dimanasiswabekerjasamauntukmenyelesaikantugaskooperatifnya. Dalam pembelajaran kooperatif tipe jigsawsiswa akan merasa senang ketika diberi tanggung jawab untuk mempelajari materi tertentu lalu menyampaikannya kepada teman-temannya,yang terpenting adalah tanggung jawab individu sekaligus tanggung jawab kelompok, sehingga dalam diri siswa terbentuk sikap ketergantungan positif yang menjadikan kerja kelompok optimal.Keadaan ini mendukung siswa dalam kelompoknya belajar bekerja sama dan tanggung jawab dengan sungguh-sungguh sampai suksesnya tugas-tugas kelompoknya.
Penelitian yang relevandenganpenelitianinisalahsatunyaadalahUdin (2012), denganhasilpenelitian yang menunjukkanbahwahasilbelajarmatematikasiswakelasVSDN166 Tangru Kabupaten Enrekangmengalamipeningkatansetelahdilaksanakan proses pembelajarandenganmenerapkanmodel pembelajarankooperatiftipeJigsaw.PenelitiselanjutnyaadalahNurfatana (2009) yang menunjukkanbahwahasilbelajarsiswakelasVc SD NegeriMinasaUpajugamengalamipeningkatansetelahditerapkannyamodel pembelajarankooperatiftipejigsaw dalamproses pembelajaran.

Berdasarkanuraian di atasmakapenulistertarikmelakukanpenelitiandenganmengangkatjudul“MeningkatkanHasilBelajarMatematikaMateriPokokBilanganBulatpadaSiswaKelas IVA SD NegeriTallang-tallangmelaluiPenerapan Model PembelajaranKooperatifTipeJigsaw”.

B.     PerumusanMasalah
1)      IdentifikasiMasalah
Berdasarkanlatarbelakang diatas, makamasalahdalampenelitianiniadalah:
a.       Kemampuansiswakelas IVA dalammenyelesaikansoal-soalmatematikamasihterbilangrendah, denganhasilulangan harian rata-rata di bawahKKM 65.
b.      Kurangnya interaksi dan kerja sama antarsiswa dalam menyelesaikan  soal-soal yang diberikan.
c.       Penyajian materi matematika masih bersifat monoton dan membosankan, sehingga siswa kurang tertarik untuk belajar matematika.
Hal iniberdampakpadarendahnyahasilbelajarmatematika siswa.
2)      AlternatifPemecahanMasalah
Berdasarkanlatarbelakang di atas, makapenelitimemilih model pembelajarankooperatiftipejigsaw sebagaialternatifpemecahanmasalah.
3)      RumusanMasalah
Berdasarkanlatarbelakangmasalah di atas, makarumusanmasalahdalampenelitianiniadalah “Apakahhasilbelajarmatematikamateripokokbilanganbulatpadasiswakelas IVASD NegeriTallang-tallangdapatditingkatkanmelaluipenerapanmodel pembelajarankooperatiftipeJigsaw?
C.    TujuanPenelitian
Berdasarkanrumusanmasalah diatasmakatujuanpenelitianiniadalahuntukmeningkatkanhasilbelajarmatematikamateripokokbilanganbulatpadasiswakelas IVASD NegeriTallang-tallangmelaluipenerapanmodel pembelajarankooperatiftipejigsaw.

D.    ManfaatPenelitian
1.   Manfaatteoritis
            Sebagaibahandansumberrujukanpihak-pihakterkait (DinasPendidikan, sekolah, guru,daninstitusipendidikanlainnya) dalampengambilankebijakanmutupendidikan.
2.   Manfaatpraktis
Manfaatpraktisdaripenelitianiniadalah:
a.    Bagisiswa, dapatmengurangi rasa cemasterhadapbidang studi matematikadandapatmenumbuhkansikapsalingbekerjasamadansalingmenghargaisiswa lain yang berkemampuandanberlatarbelakangberbeda. Sertamemungkinkansiswalebihbersemangatbelajarmatematikasehinggadiharapkanhasilbelajarsiswaakanmeningkat.
b.    Bagi guru, untukmelihat modelpembelajarankooperatifsebagaisuatualternatifmenarikdalammemecahkanbeberapamasalah yang dihadapidalamupayameningkatkanhasilbelajarsiswa.
c.    Bagisekolah, sebagaiinformasiyang sangatberhargadalamrangkaperbaikanpengajaran di tingkat SD dalamupayapengembanganmutudanhasilpembelajaran yang indikasinyaadalahsemakinbesarnyamotivasisertameningkatnyahasilbelajarmatematikasiswa.
d.   Bagipeneliti, hasilpenelitianinidiharapkandapatmenambahwawasandanpengalamandalammelakukanpenelitiantindakan,sertamemberikangambarankepadapenelitisebagaicalon guru tentangkeadaansistempenilaiandalam prosespembelajaran di sekolah.


0 Komentar untuk "MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI POKOK BILANGAN BULAT PADA SISWA KELAS IVA SD NEGERI TALLANG-TALLANG MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW"

Back To Top