I. PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Perlembangan dalam bisnis jaman sekarang
dilanda krisis yang berkepanjangan, sehingga perusahaan yang bergerak dalam
bidang penjualan yang harus memperhatikan barang yang akan di pasarkan apakah
dapat bersaing atau tidak. Pimpinan perusahaan perlu memperhatikan biaya
operasional yang menjadi pokok pembahasan. Justru itulah pemanfaatan biaya
operasional harus secara efektif dan efisien. Biaya yang dikeluarkan selama
periode tertentu harus dapat bersaing dengan perusahaan lain dalam bidang yang
sama.
Biaya operasional adalah suatu biaya
yang harus diperhatikan untuk mencapai tujuan perusahaan dalam proses penjualan
barang yang merupakan faktor penting dalam memperlancar arus penjualan pada
perusahaan, di samping faktor-faktor lainnya dalam mempertahankan service dan
pelayanan pada konsumen agar tidak berpindah pada perusahaan untuk membeli
produk yang sama pula.
Proses penjualan adalah masalah yang
mendasar karena menyangkut kelangsungan (berkesinambungan) hidup perusahaan
dalam upaya meningkatkan kegiatan/aktivitas operasional perusahaan, untuk
meningkatkan volume penjualan yang melaksanakan pelayanan dan service yang
lebih menyakinkan kepada konsumen dalam proses penjualan memerlukan pengelolaan
biaya yang menyangkut biaya umum dan administrasi, untuk bersaing di pasar
dalam meraih pangsa pasar, perusahaan ini tidak memproduksi hanya melakukan
penjualan obat-obatan yang telah selesai di proses dan perusahaan menjual bedak
obat-obatan, di samping juga menerma obatp-obatan lain dari perusahaan lain.
Memperhitungkan biaya operasional
perusahaan dalam meningkat volume penjualan, maka salah faktor yang perlu
diperhatikan guna mencapai sasaran yaitu pengaruh biaya
operasional yang menjadi sarana dalam memperlancar proses terjadinya
transaksi antara pembeli dan penjual. Proses penjualan mempunyai fungsi dan
pengaruh dalam menentukan terhadap bagian-bagian lain dari perusahaan untuk
lebih aktifnya aktivitas perusahaan.
Proses penjualan yang memerlukan biaya
operasional yang memperlancar terjadinya proses terjadinya transaksi, maka
menjadi titik perhatian pada fungsi dan peranan manajemen keuangan, di samping
pembelanjaan suatu perusahaan. Sebab dalam membelanjai perusahaan harus ada
keseimbangan antara bahan baku dengan tenaga kerja, dengan pertimbangan bahwa
keselarasan bahan baku dan tenaga kerja memang menjadi perhatian utama bagi
bagian produksi.
Bilamana terlalu banyak barang yang akan
dipasarkan dan tenaga kerja (sales) biasanya menimbulkan resiko dan juga
sebaliknya pula bila tenaga sales banyak dan barang kurang akan mengakibatkan
pengangguran, oleh karena itu manajemen pada perusahaan harus lebih cermat
dalam melihat situasi dan kondisi perusahaan yang sering dialami perusahaan
baik perusahaan multi nasional maupun perusahaan swasta penuh.
Biaya operasional pada perusahaan harus
dikelola secara cermat dalam rangka memasarkan hasil produk dari daerah yaitu hasil bumi melalui
PT. Cargill Corporation Makassar, karena perusahaan hanya sebagai distributor
dan penerima titipan barang.
Perusahaan ini berstatus distribusi pakan
ternak perusahaan tidak berproduksi,
maka perlu tenaga sales yang terampil dan mengetahui perusahaan yang bergerak
dalam bidang sama, sehingga dalam meningkatkan volume penjualan hasil produk
perusahaan dapat dijamin pelayanan dan service kepada konsumen. PT. Cargill
Corporation Makassar akan meningkatkan dan memerhatikan pelayanan dan service
kepada konsumen, karena biaya operasional harus disesuaikan dengan tujuan dan
hasil penjualan dapat meningkatkan, karena ditunjang oleh mutu dan kualitas
barang yang akan dipasarkan.
Perusahaan PT. Cargill Corporation
Makassar tidak luput dari masalah di atas, sehingga dengan demikian, penulis
tertarik mengkaji masalah pada perusahaan menerima hasil produksi pakan ternak
dan sekaligus bergerak dalam bidang penjualan di Kota Makassar.
Berdasarkan latar belakang sebelumnya,
maka penulis berupaya melihat sebagaimana pengaruh biaya operasinal dalam
meningkatkan volume penjualan pada perusahaan PT. Cargill Corporation Makassar
dengan judul Analisis Biaya Operasional Terhadap Peningkatan Penjualan Pada PT.
Cargill Corporation Toejoe Makassar.
B. Masalah Pokok
Berdasarkan latar belakang tersebut
diatas, maka masalah pokok yang diajukan sebagai berikut : "Apakah biaya
operasional berpengaruh terhadap peningkatan penjualan perusahaan".
C. Tujuan dan
Kegunaan Penelitian
Tujuan
penelitian sebagai berikut :
Untuk
mengetahui pengaruh biaya operasional terhadap peningkatan penjualan
perusahaan.
Kegunaan
Penelitian, sebagai berikut :
1) Sebagai kajian atau masukan bagi pimpinan perusahaan
dalam meningkatkan penjualan kaitannya dengan biaya operasional.
2) Sebagai bahan pustakan atau bahan bacaan bagi pihak yang
melakukan penelitian yang sama.
MARI BELAJAR DAN BERBAGI
BERSAMA #Andiwani.blogspot.com
Need help or explanation contact 085 341 081 000
PIN BB 5D9B809A
BERSAMA #Andiwani.blogspot.com
Need help or explanation contact 085 341 081 000
PIN BB 5D9B809A
0 Komentar untuk "Analisis Biaya Operasional Terhadap Peningkatan Penjualan Pada PT. Cargill Corporation Toejoe Makassar"