berbagi referensi skripsi

Analisis Biaya Operasional Terhadap Peningkatan Penjualan Pada PT. Cargill Corporation Toejoe Makassar



I. PENDAHULUAN

A.  Latar Belakang
      Perlembangan dalam bisnis jaman sekarang dilanda krisis yang berkepanjangan, sehingga perusahaan yang bergerak dalam bidang penjualan yang harus memperhatikan barang yang akan di pasarkan apakah dapat bersaing atau tidak. Pimpinan perusahaan perlu memperhatikan biaya operasional yang menjadi pokok pembahasan. Justru itulah pemanfaatan biaya operasional harus secara efektif dan efisien. Biaya yang dikeluarkan selama periode tertentu harus dapat bersaing dengan perusahaan lain dalam bidang yang sama.
       Biaya operasional adalah suatu biaya yang harus diperhatikan untuk mencapai tujuan perusahaan dalam proses penjualan barang yang merupakan faktor penting dalam memperlancar arus penjualan pada perusahaan, di samping faktor-faktor lainnya dalam mempertahankan service dan pelayanan pada konsumen agar tidak berpindah pada perusahaan untuk membeli produk yang sama pula.
      Proses penjualan adalah masalah yang mendasar karena menyangkut kelangsungan (berkesinambungan) hidup perusahaan dalam upaya meningkatkan kegiatan/aktivitas operasional perusahaan, untuk meningkatkan volume penjualan yang melaksanakan pelayanan dan service yang lebih menyakinkan kepada konsumen dalam proses penjualan memerlukan pengelolaan biaya yang menyangkut biaya umum dan administrasi, untuk bersaing di pasar dalam meraih pangsa pasar, perusahaan ini tidak memproduksi hanya melakukan penjualan obat-obatan yang telah selesai di proses dan perusahaan menjual bedak obat-obatan, di samping juga menerma obatp-obatan lain dari perusahaan lain.
      Memperhitungkan biaya operasional perusahaan dalam meningkat volume penjualan, maka salah faktor yang perlu diperhatikan guna mencapai sasaran yaitu pengaruh  biaya  operasional yang menjadi sarana dalam memperlancar proses terjadinya transaksi antara pembeli dan penjual. Proses penjualan mempunyai fungsi dan pengaruh dalam menentukan terhadap bagian-bagian lain dari perusahaan untuk lebih aktifnya aktivitas perusahaan.
     Proses penjualan yang memerlukan biaya operasional yang memperlancar terjadinya proses terjadinya transaksi, maka menjadi titik perhatian pada fungsi dan peranan manajemen keuangan, di samping pembelanjaan suatu perusahaan. Sebab dalam membelanjai perusahaan harus ada keseimbangan antara bahan baku dengan tenaga kerja, dengan pertimbangan bahwa keselarasan bahan baku dan tenaga kerja memang menjadi perhatian utama bagi bagian produksi.
      Bilamana terlalu banyak barang yang akan dipasarkan dan tenaga kerja (sales) biasanya menimbulkan resiko dan juga sebaliknya pula bila tenaga sales banyak dan barang kurang akan mengakibatkan pengangguran, oleh karena itu manajemen pada perusahaan harus lebih cermat dalam melihat situasi dan kondisi perusahaan yang sering dialami perusahaan baik perusahaan multi nasional maupun perusahaan swasta penuh.
      Biaya operasional pada perusahaan harus dikelola secara cermat dalam rangka memasarkan hasil  produk dari daerah yaitu hasil bumi melalui PT. Cargill Corporation Makassar, karena perusahaan hanya sebagai distributor dan penerima titipan barang.
      Perusahaan ini berstatus distribusi pakan ternak perusahaan tidak  berproduksi, maka perlu tenaga sales yang terampil dan mengetahui perusahaan yang bergerak dalam bidang sama, sehingga dalam meningkatkan volume penjualan hasil produk perusahaan dapat dijamin pelayanan dan service kepada konsumen. PT. Cargill Corporation Makassar akan meningkatkan dan memerhatikan pelayanan dan service kepada konsumen, karena biaya operasional harus disesuaikan dengan tujuan dan hasil penjualan dapat meningkatkan, karena ditunjang oleh mutu dan kualitas barang yang akan dipasarkan.
      Perusahaan PT. Cargill Corporation Makassar tidak luput dari masalah di atas, sehingga dengan demikian, penulis tertarik mengkaji masalah pada perusahaan menerima hasil produksi pakan ternak dan sekaligus bergerak dalam bidang penjualan di Kota Makassar.       
      Berdasarkan latar belakang sebelumnya, maka penulis berupaya melihat sebagaimana pengaruh biaya operasinal dalam meningkatkan volume penjualan pada perusahaan PT. Cargill Corporation Makassar dengan judul Analisis Biaya Operasional Terhadap Peningkatan Penjualan Pada PT. Cargill Corporation Toejoe Makassar.

B.  Masalah Pokok
      Berdasarkan latar belakang tersebut diatas, maka masalah pokok yang diajukan sebagai berikut : "Apakah biaya operasional berpengaruh terhadap peningkatan penjualan perusahaan".

C.  Tujuan dan Kegunaan Penelitian
      Tujuan penelitian sebagai berikut :  
       Untuk mengetahui pengaruh biaya operasional terhadap peningkatan penjualan perusahaan.
      Kegunaan Penelitian, sebagai berikut :
1) Sebagai kajian atau masukan bagi pimpinan perusahaan dalam meningkatkan penjualan kaitannya dengan biaya operasional.
2) Sebagai bahan pustakan atau bahan bacaan bagi pihak yang melakukan penelitian yang sama.    
 MARI BELAJAR DAN BERBAGI
BERSAMA #Andiwani.blogspot.com
Need help or explanation contact  085 341 081 000
PIN BB 5D9B809A
0 Komentar untuk "Analisis Biaya Operasional Terhadap Peningkatan Penjualan Pada PT. Cargill Corporation Toejoe Makassar"

Back To Top