berbagi referensi skripsi

Analisis Biaya Pemasaran Terhadap Penjualan Surat Kabar Media Fajar Makassar



BAB  I

 PENDAHULUAN


A.  Latar Belakang
      Untuk menunjang perkembangan dunia bisnis pada saat sekarang, maka salah satu aspek penting yang perlu ditelaah adalah masalah marketing. Marketing sngat menentukan dalam mempertahankan kehidupan perusahaan, walaupun biaya pemasaran tinggi. Apabila perusahaan dapat menjalankan dan memainkan prinsip biaya pemasaran atau cost marketing dengan baik, tentunya perusahaan mempunyai strategi tentang upaya penngkatan penjualan barang dagangan dengan di fungsikan perwakilan dalam memenuhi permintaan konsumen.      
       Biaya pemasaran dalam perusahaan adakalanya menyulitkan untuk meningkatkan volume penjulan perusahaan, karena pihak pengelola biasanya diabaikan biaya-biaya yang tidak terkait dengan biaya dalam proses produksi padahal biaya pemasaran dan biaya administrasi masih terkait dengan biaya pengelolaan dalam proses produksi sebab barang hasil produksi belum laku.
      Dengan demikian, untuk memasarkan hasil produk biasanya mendapat hambatan, misalnya barang yang dipasarkan harus terjamin dari mutu dan kualitas, sehingga bisa bersaing dengan produk perusahaan yang lain dalam bidang yang sama. Biaya pemasaran dalam kaitannya dengan pemasaran produk barang dan jasa mempunyai pengaruh terhadap peningkatan penjualan hasil produk sebab bila ditunjang oleh biaya, maka pihak pemasaran akan mengunjungi peluang pasar yang bisa didatangi jika ditunjang biaya pemasaran.  
      Keberhasilan pelaku bisnis banyak ditentukan oleh kecermatan dan keuletan dalam mengelola usahanya untuk kelangsungan hidup hidup meraih  tingkat keuntungan yang diharapkan. Juga  bagaimana mengambil suatu keputusan yang tepat dalam menghadapi berbagai masalah. Dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih, maka jumlah barang yang dihasilkan semakin banyak jumlahnya dan beraneka ragam sehingga dapat menimbulkan masalah yaitu bertumpuknya barang dipihak produsen yang tentunya memerlukan pemikiran bagaimana mementukan biaya pemasaran atau dengan kata lain bagaimana upaya sampai di tangan konsumen.
      Penilaian terhadap konsumen barang  atau jasa yang sudah diproduk tidak terlepas dari analisis tentang keadaan masa silam. Pihak pengelola telah memperhitungkan biaya pemasaran yang akan dipergunakan berdasarkan pada masa lalu, keadaan perubahan industri, yang selanjutnya kita dapat merencanakan, penulis akan menganalisis terhadap biaya pemasaran  bagaimana yang akan dialami perusahaan.       
      Untuk kelancaran dalam penjulan barang dagangan, maka perlu ditunjang oleh biaya pemasaran, disamping biaya promosi atau lembaga niaga maka yang  paling tepat digunakan mana yang lebih efisien. Karena barang yang satu belum tentu sama saluran distribusinya dengan barang yang lain. Apabila tidak demikian, maka dapat  mengakibatkan hambatan dalam penyaluran barang dagangan dari produsen ke konsumen yang selanjutnya barang lambat tiba dan kemungkinan besar tidak terjual, sehingga dapat merugikan perusahaan.
     Perhitungan biaya pemasaran dapat memecahkan persoalan tentang semua kegiatan atau usaha agar barang-barang hasil produksi sedapat mungkin di distribusikan atau digerakan dengan lancar dari sektor produsen kepada konsumen melalui proses pertukaran atau penjualan yang saling menguntungkan karena sudah ditetapkan biaya pemasaran. Terjadinya transaksi jual beli karena adanya kemupakatan antara penjual dan pembeli, sehingga antara penjual dan pembeli saling ketergantungan dalam memainkan perannya sebagai penjual sesuai dengan biaya pemasaran.      
      Menetapkan biaya pemasaran sebagai usaha untuk menentukan harga pemasaran dalam memperlancar arus barang dalam penjualan merupakan kegiatan yang tidak dapat dipisahkan dalam perusahaan, karena sebelum terjadi penjualan barang-barang hasil produksi, maka di distribusikan lebih dahulu.
      Secara teoritis orang dapat cenderung agar distribusi dan penjualan barang dapat dilakukan secara bersama-sama namun di dalam praktek hal itu sering tidak dapat dilakukan karena jumlah permintaan pada suatu tempat tidak cukup besar atau banyak menimbulkan persoalan yang tidak perlu ada, maka akan mengakibatkan pendistribusian dan penjualan tidak disesuaikan dengan rencana yang telah digariskan. Berdasarkan hal tersebut di atas penulis tertarik untuk mengambil judul "Analisis Biaya Pemasaran Terhadap Penjualan Surat Kabar Media Fajar  Makassar".

B. Permasalahan       

      Berdasarkan latar belakang diatas, maka permasalahan yang diajukan adalah, sebagai berikut :      
      "Apakah biaya pemasaran dapat berpengaruh terhadap penjualan surat kabar".

C.  Tujuan dan Kegunaan Penelitian 

1. Tujuan dari penelitian sebagai berikut :

      Untuk mengetahui pengaruh biaya pemasaran terhadap tingkat penjualan.
 2. Kegunaan Penelitian, sebagai berikut :
       a. Sebagai bahan masukan  kepada perusahaan perusahaan dalam pengambilan keputusan.
       b. Sebagai acuan dan bahan pustaka untuk penelitian lanjutan pada obyek yang sama.
 MARI BELAJAR DAN BERBAGI
BERSAMA #Andiwani.blogspot.com
Need help or explanation contact  085 341 081 000
PIN BB 5D9B809A


0 Komentar untuk "Analisis Biaya Pemasaran Terhadap Penjualan Surat Kabar Media Fajar Makassar"

Back To Top