BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Untuk menunjang perkembangan dunia bisnis
pada saat sekarang, maka salah satu aspek penting yang perlu ditelaah adalah
masalah marketing. Marketing sngat menentukan dalam mempertahankan kehidupan
perusahaan, walaupun biaya pemasaran tinggi. Apabila perusahaan dapat
menjalankan dan memainkan prinsip biaya pemasaran atau cost marketing dengan
baik, tentunya perusahaan mempunyai strategi tentang upaya penngkatan penjualan
barang dagangan dengan di fungsikan perwakilan dalam memenuhi permintaan
konsumen.
Biaya pemasaran dalam perusahaan
adakalanya menyulitkan untuk meningkatkan volume penjulan perusahaan, karena
pihak pengelola biasanya diabaikan biaya-biaya yang tidak terkait dengan biaya
dalam proses produksi padahal biaya pemasaran dan biaya administrasi masih
terkait dengan biaya pengelolaan dalam proses produksi sebab barang hasil
produksi belum laku.
Dengan demikian, untuk memasarkan hasil
produk biasanya mendapat hambatan, misalnya barang yang dipasarkan harus
terjamin dari mutu dan kualitas, sehingga bisa bersaing dengan produk
perusahaan yang lain dalam bidang yang sama. Biaya pemasaran dalam kaitannya
dengan pemasaran produk barang dan jasa mempunyai pengaruh terhadap peningkatan
penjualan hasil produk sebab bila ditunjang oleh biaya, maka pihak pemasaran
akan mengunjungi peluang pasar yang bisa didatangi jika ditunjang biaya
pemasaran.
Keberhasilan pelaku bisnis banyak
ditentukan oleh kecermatan dan keuletan dalam mengelola usahanya untuk
kelangsungan hidup hidup meraih tingkat
keuntungan yang diharapkan. Juga
bagaimana mengambil suatu keputusan yang tepat dalam menghadapi berbagai
masalah. Dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih, maka jumlah barang
yang dihasilkan semakin banyak jumlahnya dan beraneka ragam sehingga dapat
menimbulkan masalah yaitu bertumpuknya barang dipihak produsen yang tentunya
memerlukan pemikiran bagaimana mementukan biaya pemasaran atau dengan kata lain
bagaimana upaya sampai di tangan konsumen.
Penilaian terhadap konsumen barang atau jasa yang sudah diproduk tidak terlepas
dari analisis tentang keadaan masa silam. Pihak pengelola telah memperhitungkan
biaya pemasaran yang akan dipergunakan berdasarkan pada masa lalu, keadaan
perubahan industri, yang selanjutnya kita dapat merencanakan, penulis akan
menganalisis terhadap biaya pemasaran
bagaimana yang akan dialami perusahaan.
Untuk kelancaran dalam penjulan barang
dagangan, maka perlu ditunjang oleh biaya pemasaran, disamping biaya promosi
atau lembaga niaga maka yang paling
tepat digunakan mana yang lebih efisien. Karena barang yang satu belum tentu
sama saluran distribusinya dengan barang yang lain. Apabila tidak demikian,
maka dapat mengakibatkan hambatan dalam
penyaluran barang dagangan dari produsen ke konsumen yang selanjutnya barang
lambat tiba dan kemungkinan besar tidak terjual, sehingga dapat merugikan
perusahaan.
Perhitungan biaya pemasaran dapat
memecahkan persoalan tentang semua kegiatan atau usaha agar barang-barang hasil
produksi sedapat mungkin di distribusikan atau digerakan dengan lancar dari
sektor produsen kepada konsumen melalui proses pertukaran atau penjualan yang
saling menguntungkan karena sudah ditetapkan biaya pemasaran. Terjadinya
transaksi jual beli karena adanya kemupakatan antara penjual dan pembeli,
sehingga antara penjual dan pembeli saling ketergantungan dalam memainkan
perannya sebagai penjual sesuai dengan biaya pemasaran.
Menetapkan biaya pemasaran sebagai usaha
untuk menentukan harga pemasaran dalam memperlancar arus barang dalam penjualan
merupakan kegiatan yang tidak dapat dipisahkan dalam perusahaan, karena sebelum
terjadi penjualan barang-barang hasil produksi, maka di distribusikan lebih
dahulu.
Secara teoritis orang dapat cenderung
agar distribusi dan penjualan barang dapat dilakukan secara bersama-sama namun
di dalam praktek hal itu sering tidak dapat dilakukan karena jumlah permintaan
pada suatu tempat tidak cukup besar atau banyak menimbulkan persoalan yang
tidak perlu ada, maka akan mengakibatkan pendistribusian dan penjualan tidak
disesuaikan dengan rencana yang telah digariskan. Berdasarkan hal tersebut di
atas penulis tertarik untuk mengambil judul "Analisis
Biaya Pemasaran Terhadap Penjualan Surat Kabar Media Fajar Makassar".
B. Permasalahan
Berdasarkan latar belakang diatas, maka
permasalahan yang diajukan adalah, sebagai berikut :
"Apakah
biaya pemasaran dapat berpengaruh terhadap penjualan surat kabar".
C. Tujuan dan
Kegunaan Penelitian
1. Tujuan dari penelitian sebagai berikut :
Untuk mengetahui pengaruh biaya pemasaran terhadap tingkat penjualan.
2.
Kegunaan Penelitian, sebagai berikut :
a. Sebagai bahan masukan kepada
perusahaan perusahaan dalam pengambilan keputusan.
b. Sebagai acuan dan bahan pustaka untuk penelitian lanjutan pada obyek
yang sama.
MARI BELAJAR DAN BERBAGI
BERSAMA #Andiwani.blogspot.com
Need help or explanation contact 085 341 081 000
PIN BB 5D9B809A
BERSAMA #Andiwani.blogspot.com
Need help or explanation contact 085 341 081 000
PIN BB 5D9B809A
0 Komentar untuk "Analisis Biaya Pemasaran Terhadap Penjualan Surat Kabar Media Fajar Makassar"