berbagi referensi skripsi

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT DAN PERILAKU MEMBELI KONSUMEN INDOMARET KELURAHAN TAMMOA KOTA MAKASSAR



BAB I

PENDAHULUAN


A.  Latar Belakang

Bisnis ritel atau usaha eceran di Indonesia telah mengalami kemajuan pesat pada beberapa tahun terakhir.  Hal  ini  dapat  dilihat  dari  banyaknya toko,  kantor,  pabrik,  dan  jenis  usaha  lainnya. Kemajuan  bisnis  eceran  yang ada di Indonesia diakibatkan karena adanya perkembangan usaha manufaktur  serta  peluang  pasar  yang  cukup terbuka  yang  disebabkan  oleh  dampak  dari lajunya  kondisi  ekonomi  masyarakat. Perkembangan  ini  mengakibatkan terjadinya perubahan-perubahan mempengaruhi kehidupan  masyarakat,  terutama  yang  ada  di kota-kota  besar salah  satunya  Kota Makassar,salah  satu  perubahan  itu  adalah  tempat belanja masyarakat.
Salah satu  media  dalam  kegiatan ritel adalah  pasar.  Pasar adalah  media  pertemuan antara pembeli dan penjual lebih dari satu yang melakukan  transaksi.  Bagi  konsumen,  adanya pasar  akan  mempermudah  memperoleh  barang dan  jasa  kebutuhan  sehari-hari.  Adapun bagi produsen, pasar menjadi tempat untuk mempermudah  proses penyaluran  barang  hasil produksi. Berdasarkan  jenis  dan  cara penawarannya,  pasar  dapat  dibedakan  menjadi dua  yaitu  pasar  tradisional  dan  pasar  modern (supermarket). Perdagangan di Kota Makassar telah banyak mengalami perkembangan.  Terbukti  dengan  tumbuhnya beberapa  pasar  di Kota  Makassar yang berbasis pada pasar dibedakan atas bentuk pasar grosir mall/pasar swalayan maupun pasar tradisional. Seiring  dengan  perkembangan Kota Makassar sebagai kota besar 

dan  diharapkan berkembang menjadi kota “Metropolitan”, maka keberadaan  sarana  perekonomian  yang  nyaman dan modern menjadi  sebuah  kebutuhan  bagi warga kota dan turis yang bekunjung. Mengikuti tuntutan kebutuhan tersebut, di Kota Makassar juga tumbuh  dan  berkembang mall/plaza  dan swalayan.  Hingga akhir  tahun  2014 telah terdapat 6 buah mall di Kota Makassar yang pada saat ini keseluruhannya beroperasi secara aktif.
Salah satu pasar tempat berbelanja yang berbasis modern yaitu pembangunan mini market yang telah menjamur dimana-mana dan saat ini telah banyak mencapai area pedesaan. Terlebih lagi bagian kota Makassar. Indomaret salah satu minimarket yang keberadaannya cukup dikenal oleh kalangan masyarakat, yang banyak menyediakan kebutuhan masyarakat dan tentunya dengan fasilitas berbelanja yang nyaman serta penawaran harga dan  produk yang cukup menarik.
Untuk meninjau faktor-faktor apa saja yang menyebabkan  masyarakat Kota  Makassar beralih berbelanja ke minimarket, penulis melakukan beberapa survei awal kepada  beberapa responden dengan menanyakan secara  langsung. Berdasarkan survei awal tersebut, terdapat banyak  faktor  yang mempengaruhi  responden  untuk  berbelanja  di minimarket.  Sikap dan perilaku  masyarakat secara internal dipengaruhi oleh  faktor psikologis dan secara eksteral  berkaitan  dengan strategi  pemasaran. Selain  itu faktor  tersebut dipengaruhi juga kebijakan  publik  yang  berkait dengan  regulasi  dan  fasilitas terhadap perkembangan  pasar-pasar  semimodern  dan modern.
Faktor-faktor yang mempengaruhi konsumen berbelanja di minimarket yang merupakan  salah  satu  dari  bisnis  ritel tersebut melibatkan  bauran pemasaran ritel (retailing mix) dimana pengusaha minimarket memiliki strategi bauran ritel yang  lebih  baik  dari  pada pasar tradisional. Minimarket menjual berbagai  macam kebutuhan merchandise (barang-barang).
Adapun produk-produk yang dijual lebih lengkap dan beragam.  Hampir semua  produk yang dijual di pasar tradisional seharusnya dapat ditemui  di  supermarket. Pada  pasar  modern, harga  yang  ditawarkan  kepada  konsumen cenderung  lebih  tinggi, tetapi harga tersebut lebih fix dan  konsumen  tidak  perlu  melakukan tawar-menawar seperti yang terdapat pada pasar tradisional.
Minimarket juga menggunakan strategi periklanan dan promosi. Periklanan yang dilakukan adalah dengan cara  memberikan informasi  tentang  produk yang dijual menggunakan media televisi lokal, brosur, dan baliho, yang bertujuan untuk menarik  minat  konsumen berbelanja di minimarket atau  swalayan yang ada di Kota Makassar.
Lokasi yang ditempati  oleh  swalayan–swalayan  kebanyakan  berada  pada  lingkungan pemukiman  penduduk,  instansi  pemerintah, pendidikan,  terminal  dan  pusat  olahraga. Suasana atau atmosphere di dalam toko berperan penting  untuk  memikat  konsumen  dalam membuat  mereka  nyaman  pada  saat  memilih barang, dan mengingatkan  konsumen  tentang produk  apa  yang  perlu  dimiliki  baik untuk keperluan pribadi maupun  keperluan  rumah tangga.
Faktor  dari  bauran  pemasaran  ritel yang terakhir adalah retail  customer  service atau pelayanan pelanggan.Hal–hal  yang  dapat memfasilitasi  para pembeli terdiri dari layanan pelanggan, personal selling, layanan  transaksi berupa  cara  pembayaran  yang  mudah,  layanan pembayaran  dengan  kartu  kredit,  kartu  anggota belanja  dan  fasilitas–fasilitas  seperti:  toilet, tempat tunggu, mesin ATM dan sarana parkir.
Selain  itu  masih  banyak  faktor  yang dipertimbangkan  konsumen  untuk  berbelanja  di minimarket dan  swalayan  yang  datang  dari perilaku  dan minat  konsumen  tersebut.  Faktor-faktor  tersebut  antara lain muncul  dari karakteristik  konsumen  seperti  umur,  daerah asal, agama, pendidikan, pendapatan, pekerjaan, keadaan  ekonomi,  gaya  hidup  dan  kepribadian.
Faktor  sosial  juga  dapat  mempengaruhi konsumen seperti keluarga dan teman. Dalam  melakukan  pembelian,  konsumen selalu  memperhatikan  faktor–faktor  yang memotivasi mereka dalam melakukan pembelian produk yang dijual di minimarket dan Swalayan di  Kota Makassar. 
Mulai banyaknya konsumen yang beralih untuk berbelanja minimarket dan swalayan merupakan suatu kasus yang menarik untuk dikaji.  Sehubungan  dengan  uraian  yang telah  dikemukan  diatas,  maka  penulis  tertarik untuk  melakukan penelitian yang berjudul “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Dan Perilaku Membeli Konsumen Indomaret Kelurahan Tammoa Kota Makassar.”

B.  Rumusan Masalah

Dengan memperhatikan latar belakang yang dikemukakan, maka dalam penelitian ini penulis akan mengemukakan permasalahan yang berhubungan dengan penelitian ini, yaitu “apakah faktor minat dan perilaku konsumen dapat mempengaruhi keputusan pembeli Indomaret di Kelurahan Tammoa Kota Makassar

C.  Tujuan Penelitian

Berdasarkan permasalahan yang telah dikemukakan di atas, maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh minat dan perilaku konsumen terhadap keputusan pembeli pada Indomaret di Kelurahan Tammoa Kota Makassar.

D.  Manfaat Penelitian

Keguanaan dari penelitian ini adalah sebagai berikut:
1.    Memberikan masukan dan informasi tambahan yang berguna bagi mahasiswa mengenai faktor-faktor apakah yang mempengaruhi minat dan perilaku konsumen dalam membeli.
2.    Hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan masukan bagi pengembangan ilmu pengetahuan yang berkaitan dengan strategi pemasaran.


 MARI BELAJAR DAN BERBAGI
BERSAMA #Andiwani.blogspot.com
Need help or explanation contact  085 341 081 000
PIN BB 5D9B809A
0 Komentar untuk "ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT DAN PERILAKU MEMBELI KONSUMEN INDOMARET KELURAHAN TAMMOA KOTA MAKASSAR"

Back To Top