berbagi referensi skripsi

Tinjauan Kebijaksanaan Distribusi Barang Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Pada PT. Indofood Sukses Makmur Tbk. Cabang Makassa



BAB  I

 PENDAHULUAN


A.  Latar Belakang
      Untuk menunjang perkembangan dunia bisnis pada saat sekarang, maka salah satu aspek penting adalah masalah peranan dalam memainkan perilaku konsumen sebagai bagian dari kegiatan perusahaan baik perusahaan pemerintah maupun perusahaan swasta. Apabila perusahaan dapat menjalankan prinsip pemasaran atau marketing dengan baik, tentunya perusahaan mempunyai strategi tentang upaya penjualan barang dagangan dengan di fungsikan perwakilan dalam memenuhi permintaan konsumen.      
      Selanjutnya, perusahaan mempunyai kegiatan-kegiatan lain dalam percaturan dunia perdagangan yang berjalan dengan baik tetapi apabila perusahaan akan memperbaiki strategi dan situasi persaingan pasar kian hari semakin ketat, sehingga perlu mempunyai pisi dan pandangan terhadap barang apa yang akan dipasarkan.                                                   
      Sejalan dengan perkembangan tersebut maka sebagai bangsa yang sedang membangun, khususnya bangsa Indonesia sangat penting artinya untuk membangun disegala sektor baik pembangunan disektor pertanian, pertambangan  dan sektor lain yang tak kala pentingnya yaitu pada bidang pemasaran make up, semprot, sabun mandi dan barang-barang lainnya, kondisi ini merupakan dorongan bagi perkembangan dunia usaha yang dapat menunjang timbulnya perusahaan-perusahaan yang mendukung pembangunan.
      Akan tetapi pihak swasta dalam hal ini para pengusaha keberhasilannya banyak ditentukan oleh kecermatan dan keuletan dalam mengelola usahanya untuk kelangsungan hidup serta untuk tingkat keuntungan yang diharapkan. Juga  bagaimana mengambil suatu keputusan yang tepat dalam menghadapi berbagai masalah. Dengan perkembangan teknologi  yang semakin canggih, maka jumlah barang yang dihasilkan semakin banyak jumlahnya dan beraneka ragam sehingga dapat menimbulkan masalah yaitu bertumpuknya barang dipihak produsen yang tentunya memerlukan pemikiran bagaimana memasarkannya atau dengan kata lain bagaimana upaya sampai di tangan konsumen.
      Penilaian terhadap perilaku konsumen dimasa yang akan datang tidaklah terlepas dari analisis tentang keadaan masa silam, keadaan masa sekarang, keadaan perubahan industri, yang selanjutnya kita dapat merencanakan, menulis dan menentukan kondisi apa dan bagaimana yang akan dialami perusahaan yang akan datang.       
      Untuk kelancaran dalam penjulana barang dagangan, maka yang harus diperhatikan adalah lembaga niaga maka yang  paling tepat digunakan mana yang lebih efisien. Karena barang yang satu belum tentu sama saluran distribusinya dengan barang yang lain. Apabila tidak demikian, maka dapat  mengakibatkan hambatan dalam penyaluran barang dagangan dari produsen ke konsumen yang selanjutnya barang lambat tiba dan kemungkinan besar tidak terjual, sehingga dapat merugikan perusahaan.
     Sistem pemasaran dapat memecahkan persoalan tentang semua kegiatan atau usaha agar barang-barang hasil produksi sedapat mungkin di distribusikan atau digerakan dengan lancar dari sektor produsen kepada konsumen melalui proses pertukaran atau penjualan yang saling menguntungkan. Terjadinya transaksi jual beli karena adanya kemupakatan antara penjual dan pembeli, sehingga antara penjual dan pembeli saling ketergantungan dalam memainkan perannya sebagai penjual sesuai dengan perilaku konsumen.      
      Distribusi sebagai usaha untuk memperlancar penjualan merupakan kegiatan yang tidak dapat dipisahkan dalam perusahaan, karena sebelum terjadi penjualan barang-barang hasil produksi, maka di distribusikan lebih dahulu. Secara teoritis orang dapat cenderung agar distribusi dan penjualan barang dapat dilakukan secara bersama-sama namun di dalam praktek hal itu sering tidak dapat dilakukan karena jumlah permintaan pada suatu tempat tidak cukup besar atau banyak menimbulkan persoalan yang tidak perlu ada, maka akan mengakibatkan pendistribusian dan penjualan tidak disesuaikan dengan rencana yang telah digariskan. Berdasarkan hal tersebut di atas penulis tertarik untuk mengambil judul "Tinjauan Kebijaksanaan Distribusi Barang  Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Pada PT. Indofood Sukses Makmur Tbk. Cabang Makassar".

B.  Masalah Pokok       
      Berdasarkan latar belakang diatas, maka permasalahan yang diajukan adalah, sebagai berikut :      
      "Apakah kebijaksanaan distribusi barang dapat meningkatkan volume penjualan pada perusahaan"
.
C.  Tujuan dan Kegunaan Penelitian 
1. Tujuan dari penelitian sebagai berikut :
    1.  Untuk  mengetahui distribusi terhadap peningkatan dan volume penjualan barang.
2. Kegunaan penelitian, sebagai berikut :
 1.   Sebagai masukan dan bahan informasi kepada perusahaan.
       2. Sebagai acuan dan bahan pustaka untuk penelitian lanjutan pada obyek yang sama.
  LET'S LEARN AND SHARE
JOINT # Andiwani.blogspot.com
0 Komentar untuk "Tinjauan Kebijaksanaan Distribusi Barang Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Pada PT. Indofood Sukses Makmur Tbk. Cabang Makassa"

Back To Top