berbagi referensi skripsi

INTEGRASI NILAI KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS SISWA KELAS VII SMP

BAB I

PENDAHULUAN

A.  Latar Belakang

Pendidikan adalah proses memanusiakan manusia. Untuk meraih derajat manusia seutuhnya sangatlah tidak mungkin tanpa melalui proses pendidikan. Pendidikan harus dapat menghasilkan insan-insan yang memiliki karakter mulia, di samping memiliki kemampuan akademik dan keterampilan yang memadai. Salah satu cara untuk mewujudkan manusia yang berkarakter adalah dengan mengintegrasikan pendidikan karakter dalam setiap pembelajaran. Nilai-nilai karakter utama yang harus terwujud dalam sikap dan perilaku peserta didik sebagai hasil dari proses pendidikan karakter adalah jujur (olah hati), cerdas (olah pikir), tangguh (olah raga), dan peduli (olah rasa dan karsa).
Undang undang nomor 20 tahun 2003 tentang system pendidikan pasal 3, yang berbunyi pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk karakter serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa pengintegrasian pendidikan karakter dalam pembelajaran dapat dilakukan dengan pemuatan nilai-nilai karakter dalam semua mata pelajaran yang diajarkan di sekolah dan dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran. Untuk itu guru harus mempersiapkan pendidikan karakter mulai dari perencanaan, pelaksanaan, hingga evaluasinya. Pelaksanaan pendidikan karakter di sekolah perlu didukung oleh keteladanan guru dan orang tua murid serta budaya yang berkarakter. sehingga dalam suatu pembelajaran mampu mencapai target.
Menulis memungkinkan manusia untuk saling berkomunikasi, saling berbagi pengalaman, saling belajar dari yang lain, dan meningkatkan kemampuan intelektual. Bahasa Indonesia memiliki kedudukan dan fungsi yang sangat penting yakni sebagai bahasa negara dan bahasa nasional. Mengingat fungsi yang diemban oleh bahasa Indonesia sangat banyak, maka kita perlu mengadakan pembinaan dan pengembangan terhadap bahasa Indonesia. Tanpa adanya pembinaan dan pengembanagan tersebut bahasa Indonesia tidak akan dapat berkembang, sehingga dikhawatirkan bahasa Indonesia tidak dapat mengemban fungsi-fungsinya. Salah satu cara dalam melaksanakan pembinaan dan pengembangan bahasa Indonesia itu adalah melalui mata pelajaran Bahasa Indonesia di sekolah. Pembinaan dan pengembangan kemampuan dan keterampilan berbahasa yang diupayakan di sekolah berorientasi pada empat jenis keterampilan berbahasa, yaitu keterampilan menyimak, keterampilan berbicara, keterampilan membaca, dan keterampilan menulis. Keempat keterampilan berbahasa tersebut berhubungan erat satu dengan yang lain.
Rendahnya minat dan kemampuan siswa dalam keterampilan menulis tentu saja menjadi problema dalam pembelajaran Bahasa. Tujuan pembelajaran bahasa, menurut Basiran (1999) adalah keterampilan komunikasi dalam berbagai konteks komunikasi. Kemampuan yang dikembangkan adalah daya tangkap makna, peran, daya tafsir, menilai, dan mengekspresikan diri dengan berbahasa. Kesemuanya itu dikelompokkan menjadi kebahasaan, pemahaman, dan penggunaan. Tujuan pemelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia secara umum meliputi (1) siswa menghargai dan membanggakan Bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan (nasional) dan bahasa negara, (2) siswa memahami Bahasa Indonesia dari segi bentuk, makna, dan fungsi, serta menggunakannya dengan tepat dan kreatif untuk bermacam-macam tujuan, keperluan, dan keadaan, (3) siswa memiliki kemampuan menggunakan Bahasa Indonesia untuk meningkatkan kemampuan intelektual, kematangan emosional, dan kematangan sosial, (4) siswa memiliki disiplin dalam berpikir dan berbahasa (berbicara dan menulis), (5) siswa mampu menikmati dan memanfaatkan karya sastra untuk mengembangkan kepribadian, memperluas wawasan kehidupan, serta meningkatkan pengetahuan dan kemampuan berbahasa, dan (6) siswa menghargai dan membanggakan sastra Indonesia sebagai khazanah budaya dan intelektual manusia Indonesia.
Upaya menanamkan pendidikan karakter pada Siswa Kelas VII SMP dapat dilakukan melalui pembelajaran Bahasa Indonesia. Salah satunya adalah pembelajaran keterampilan menulis yang mengaplikasikan nilai-nilai pendidikan karakater. Siswa sekarang ini kurang suka menulis. Dalam menulis siswa kurang terarah sejak kelas rendah. Menurut pengamatan dan informasi dari berbagai pihak, ada beberapa faktor yang mempengaruhi  kegiatan menulis Siswa Kelas VII SMP . Selain faktor internal dari dalam diri siswa juga faktor eksternal dari luar diri siswa. Oleh karena itu, penulis disini mengkaji keterampilan menulis dalam meningkatkan peserta didik untuk berkomunikasi dengan baik dan benar baik secara lisan maupun tulis.
Salah satu cara yang dapat dipilih untuk meningkatkan keterampilan menulis adalah dengan cara membiasakan membuat tulisan berdasarkan perkembangan ipteq dan imtaq. Media diskusi pada dasarnya suatu bentuk tukar pikiran yang teratur dan terarah, baik dalam kelompok kecil maupun dalam kelompok besar, dengan tujuan untuk mendapatkan suatu pengertian, kesepakatan, dan keputusan bersama mengenai suatu masalah dan Upaya Guru Untuk Mengetahui Karakter Siswa Dalam Keterampilan Menulis Siswa Kelas VII SMP serta Kesulitan-kesulitan guru untuk mengajarkan dalam pembelajaran keterampilan menulis Siswa Kelas VII /SMP.

B.  Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang, maka dapat dirumuskan penelitian yaitu bagaimana integrasi nilai karakter dengan pembelajaran keterampilan menulis pada siswa Kelas VII SMP ?

C.  Tujuan Penelitian

Berdasarkan uraian latar belakang dan perumusan masalah , tujuan penelitian ini adalah mengintegrasi nilai karakter dalam proses pembelajaran keterampilan menulis  Kelas VII SMP.  

D.  Manfaat Penelitian

Mengingat pentingnya penelitian ini dalam berbagai faktor, maka manfaat penelitian ini ditinjau dari dua segi, yaitu :
1.    Secara Teoretis
Penelitian ini diharapkan dapat memberi sumbangan ilmu pengetahuan khususnya mengenai karakter pada Siswa Kelas VII SMP.
2.    Secara Praktis

Hasil penelitian ini dapat menjadi masukan dan metode bagi guru guna    mengembangkan pembelajaran menulis Siswa SMP  melalui metode diskusi, kemudian dapat menjadi alternatif cara belajar menulis yang efektif dan tepat bagi siswa, serta dapat menjadi sumbangan ide untuk memperbaiki sistem pembelajaran mengenai nilai karakter dalam pembelajaran keterampilan menulis yang lebih baik agar dalam proses pembelajaran keterampilan menulis di semua kelas VII SMP paham mengenai karakter dalam menulis. 
0 Komentar untuk "INTEGRASI NILAI KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS SISWA KELAS VII SMP"

Back To Top