BAB
I
PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang
Semakin meningkatnya angkatan orang yang masuk kedalam
dunia kerja, terutama tenaga kerja wanita, sehingga diperlukan perlindungan
terhadap resiko terhentinya sementara penghasilan mereka. Pemeliharaan
tenaga kerja tidak lepas dari campur tangah manajer. Jika pemeliharaan karyawan
kurang diperhatikan, semangat kerja, sikap, loyalitas karyawan akan menurun.
Absensinya dan turn-over meningkat, disiplin akan menurun, sehingga pengadaan,
pengembangan, kompensasi, dan pengintegrasian karyawan yang telah dilakukan
dengan baik dan biaya yang besar kurang berarti untuk menunjang tercapainya
tujuan perusahaan.
Agar semua tenaga kerja semangat bekerja,
berdisiplin tinggi, dan bersikap loyal dalam menunjang tujuan perusahaan
maka fungsi pemeliharaan mutlak mendapat perhatian manajer. Tidak mungkin
karyawan bersemangat bekerja dan konsentrasi penuh terhadap pekerjaanya jika
kesejahteraan kesejahteraan mereka tidak diperhatikan dengan baik.
B. Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang yang telah diuraikan
diatas, rumusan masalah dalam makalah ini adalah:
1.
Apakah komunikasi itu?
2.
Bagaimana Keselamatan dan Kesehatan
Kerja?
C. Tujuan Penulisan
Berdasarkan rumusan masalah
yang telah dikemukakan diatas, maka tujuan dalam makalah ini adalah:
1. Mengetahui penjelasan komunikasi.
2. Mengetahui
bagaimana Keselamatan dan Kesehatan Kerja.
D. Manfaat
Penulisan
Berdasarkan rumusan masalah yang telah
dikemukakan diatas, diharapkan manfaat pada penulisan ini adalah
1.
Bagi para wirausahawan:
Makalah ini dapat menambah wawasan mengenai
pemeliharaan manajemen sumber daya manusia dan dapat menggugah untuk dapat
terus meningkatkan kualitas sumber daya manusia dalam usahanya.
2.
Bagi rekan-rekan mahasiswa:
Makalah ini dapat menambah pengetahuan mengenai
pemeliharaan manajemen sumber daya manusia yang merupakan salah satu materi
dalam mata kuliah manajemen sumber daya manusia.
3.
Bagi pembaca:
Makalah ini dapat menambah wawasan bagi pembaca
mengenai pemeliharaan manajemen sumber daya manusia dan agar para pembaca dapat
mengimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari.
BAB II
PEMBAHASAN
A. Komunikasi
Wilson Bangun (2001: 360), Komunikasi
adalah suatu keterampilan yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin dalam suatu organisasi adalah berkomunikasi secara efektif. Seorang pemimpin harus dapat menyampaikan informasi
yang dapat dipahami dengan jelas agar para bawahan dapat mengerjakan pekerjaannya dngan baik. Pemimpin yang
tidak dapat berkomunikasi dengan baik dengan para bawahannya tentang
pekerjaan-pekerjaan yang perlu untuk dilaksanakan akan menghadapi suatu
kegagalan dalam mencapai tujuan yang diinginkan. Sebaliknya, apabila para
bawahan tidak dapat berkomunikasi secara efektif dengan pimpinannya, maka akan
menghadapi kesulitan dalam memperoleh informasi tentang pekerjaan yang akan
dilaksanakannya. Oleh karena itu, komunikasi sangat penting dalam organisasi
untuk mencapai tujuannya. Kegiatan komunikasi melibatkan 2 pihak antara lain
pengiriman pesan dan penerimaan pesan. Agar komunikasi efektif, kedua belah
pihak harus mempunyai keterampilan. Pengiriman pesan berupaya agar pesan yang
ingin disampaikan dapat dengan jelas dan mudah dipahami oleh penerima pesan.
Dalam kegiatan tersebut, pegirim pesan berupaya untuk menggunakan bahasa dan
memilih media yang tepat. Demekian sebaliknya, penerima pesan berupaya agar
pesan yang diterima dapat dipahami dengan jelas sehingga ada umpan balik dari
pesan tersebut.
0 Komentar untuk "MSDM :Pemeliharaan Sumber Daya Manusia"