BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang Masalah
Sejalan dengan kemajuan
dalam pendidikan, perekonomian yang lebih
makmur, perubahan sosial budaya masyarakat, serta perkembangan ilmu
pengetahuan dan teknologi, maka kesadaran masyarakat terhadap unsur – unsur
pelayanan yang dapat diberikan oleh perusahaan semakin meningkat.
Pada saat ini kesadaran
konsumen akan pentingnya nilai kualitas pelayanan (Service Quality) yang diberikan oleh perusahaan, baik dalam bentuk
jasa maupun dalam bentuk barang semakin meningkat. Dari beberapa pengalaman
menunjukan bahwa atas pemberian suatu kualitas jasa/pelayanan tertentu akan
menimbulkan penilaian yang berbeda dari setiap konsumen, karena tergantung dari
bagaimana konsumen mengharapkan kualitas jasa/pelayanan tersebut. (Valerie A.
Zeithmal, dkk (1985:49)).
Konsumen adalah satu-satunya
yang dapat menilai baik tidaknya kualitas pelayanan. Konsumen menilai pelayanan
tersebut dengan cara membandingkan pelayanan yang mereka terima (perception) dengan pelayanan yang mereka
harapkan (expectation). Bila konsumen
merasa sangat puas terhadap pelayanan yang diberikan oleh suatu perusahaan akan
mengakibatkan konsumen tersebut akan kembali lagi untuk mengadakan pembelian
ulang (rebuying). Dengan kata lain
perusahaan yang dapat memuaskan konsumen akan memiliki konsumen yang loyal.
Salah satu sektor jasa yang
memiliki peranan yang cukup vital dalam menunjang kegiatan sehari-hari adalah
sektor jasa transportasi.Transportasi merupakan sarana perkembangan yang
penting bagi kehidupan. Pentingnya transportasi tersebut tercermin pada semakin
meningkatnya kebutuhan akan jasa angkutan bagi mobilitas orang serta barang
sebagai akibat meningkatnya perkembangan penduduk dan pengembangan pemukiman di
kota-kota besar.
Pada saat ini industri jasa
transportasi ojek semakin marak di Indonesia. Perusahaan PT. GOJEK merupakan
salah satu badan usaha yang mengkonsentrasikan salah satu bidang usahanya di
sektor industri jasa transportasi yaitu layanan ojek online.
Goj-ek yang dimaksud dalam
penelitian ini adalah transportasi umum informal di Indonesia yang berupa
sepeda motor dan mobil. Adapun status Gojek saat ini telah resmi diakui keberadaannya
oleh pemerintah dan telah mengantongi ada izin untuk pengoperasiannya.
Penumpang biasanya satu orang namun kadang bisa berdua jika penumpang
memilih fitur gijek untuk seper motor,
sedangkan untuk mobil dinamakan gocar dengan kapasitas daya tampung maksimal 4
orang. Dengan harga yang telah ditentukan tanpa perlu lagi tawar menawar dengan
sopirnya dahulu.
Gojek banyak digunakan oleh
penduduk kota-kota besar misalnya di Makassar. Karena kelebihannya dengan
angkutan lain yaitu lebih cepat dan mudah diperoleh yakni hanya dengan
menggunakan aplikasi gojek yang dapat didownloada pada HP berfitur android. Aplikasi
Gojek sangat mudah digunakan, cukup mengisikan alamat email dan nomor telepon
maka registrasi member gojek telah siap digunakan.
Adapun kelebihan dari
aplikasi gojek saat iniakni adanya fiturn go-pay yang berfungsi seperti
layaknya kartu kredit. Seorang pelanggan dapat mengisi gopay pada aplikasi
gojeknya di supermarket tersekat seperti indomaret maupun alfamart.
Kelebihan dari penawaran
aplikasi penggunaan gopay dalam transaksi gojek, yakni adanya potongan harga
yang lebih murah dari tariff jika transaksi cash dan tentunya costumer tak
perlu repot menyediakan uang untuk pembayaran jasa transportasi.
Daya menjangkau gojek saat
ini juga sudah mencapai luar daerah tetapi dengan tariff yang berbeda tetap
yakni perhitungan rupiah/kilometer. GO-JEK sangatlah mengikuti perkembangan
teknologi. GO-JEK lebih mengacu pada penggunaan teknologi untuk pemesanan ojek
itu sendiri. Sebagai suatu perusahaan swasta tentu saja PT. GOJEK hadir untuk
mendapatkan keuntungan sekaligus memberikan pelayanan yang memuaskan bagi
konsumen. Akan tetapi bukan hanya PT. GOJEK sendiri yang bergerak di bidang
jasa transportasi ojek online ini sehingga hal ini menimbulkan persaingan antar
perusahaan yang bergerak di bidang ini. Saingan dari GO-JEK sendiri ada 6
perusahaan yang bergerak di bidang yang sama diantaranya, Grabike, dan uber
yang saat ini telah hadir di Kota Makassar. Mereka saling berlomba-lomba untuk
memberikan pelayanan yang terbaik untuk penumpang, karena kepuasan konsumen
adalah hal yang sangat penting untuk ditonjolkan untuk memenangkan persaingan.
Aspek-aspek yang mendukung
terjadinya terjadinya akselerasi perubahan itu antara lain; 1). Perusahaan yang
semakin bersifat global, 2). Perubahan selera pelanggan, baik selera pelanggan
akhir maupun pelanggan bisnis, 3).Arena persaingan yang semakin luas baik
domestik maupun internasional. 4). Teknologi yang semakin mengarah pada
perubahan (Swastha dan Irawan,1999).
Berdasarkan pengalaman serta
perbincangan dengan orang-orang yang merupakan pelanggan gojek, ada hal-hal
yang tentu saja mereka keluhkan dari layanan driver gojek. Ada pula web berupa
kumpulan saran dan kritik terhadap gojek http://keluhan-gojek.ojekgratis.com/
dimana Keluhan konsumen didominasi oleh beberapa kritik seperti, driver gojek
yang tidak mengenakan atribut dari PT.GOJEK sesuai ketentuan berlaku, driver
gojek yang minim pengetahuan mengenai rute penjemputan/lokasi tujuan pelanggan,
dan kedatangan driver gojek yang tidak sesuai dengan estimasi yang diberikan
aplikasi Go-Jek.
Berdasarkan kondisi di atas penulis
tertarik untuk membahas masalah dalam penelitian dengan judul penelitian yang
dipilih oleh penulis adalah: “HUbungan Ftur Go-Pay Terhadap MInat Penggunaan
Transportasi Online Go-Jek”
B. Rumusan
Masalah
1. Apakah terdapat hubungan adanya fitur gopay terhadap
minat penggunaan transportasi online Gojek?
2. Bagaimana pendapat pengguna pada penyediaan fitur
pembayaran gopay pada penggunaan transportasi online Gojek?
C. Tujuan
Penelitian
Tujuan dari
penelitian ini adalah:
1. Untuk mengetahui apakah terdapat hubungan adanya fitur
gopay terhadap minat penggunaan transportasi online Gojek.
2. Untuk mengetahui bagaimana pendapat pengguna pada
penyediaan fitur pembayaran gopay pada penggunaan transportasi online Gojek.
D. Kegunaan
Penelitian
Adapun
kegunaan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah:
1. Bagi
perusahaan. Penelitian ini diharapkan berguna sebagai sarana untuk memberikan
sumbangan penilaian bagi perusahaan dalam mempertahankan konsumen, dan
meningkatkan pelayanan.
2. Bagi
Peniliti
Penelitian ini diharapkan
dapat menambah pengetahuan dan wawasan peneliti dengan menerapkan teori-teori yang
diperoleh dalam perkuliahan dan menghubungkannya dengan kenyataan yang sebenarnya. Sehingga dapat menambah pemahan
penulis dalam bidang pemasaran khususnya Brand Image dan kepuasan.
3. Bagi
Akademis
Penelitian ini diharapkan dapat
mengembangkan sumber ilmu pengetahaun di bidang komunikasi, khususnya bagi
akademis yang tertarik meneliti berkaitan dengan pengguna jasa Gojek
E. Ruang
Lingkup/Batasan Penelitian
Ruang
lingkup atau batasan dalam penelitian ini adalah penggunaan fitur aplikasi
trasportasi online yakni gojek dengan penggunaan fitur gopay dan minat
pelanggan pengguna jasa trasnportasi online.
F. Definisi
dan Istilah, Glosarium
1. Gojek
adalah aplikasi merupakan sebuah perusahaan teknologi asal Indonesia yang
melayani angkutan melalui jasa ojek. Perusahaan ini didirikan pada tahun 2010
di Jakarta oleh Nadiem Makarim.
2. Gopay
adalah aplikasi transaksi online sebagai layanan pembayaran.
3. Minat
pelanggan adalah merupakan salah satu aspek psikologis yang mempunyai
pengaruh cukup besar
terhadap perilaku dan
minat juga merupakan sumber motivasi yang akan
mengarahkan seseorang dalam melakukan apa yang mereka lakukan.
4. GO-BOX
yang merupakan layanan yang baru di launching pada bulan oktober ini yang
melayani untuk memesan mobil pick up, mobil boox, truk engkel dan truk engkel
boox untuk antar dan kirim barang dalam jumlah besar.
5. GO-SEND
yang merupakan layanan pengiriman barang layaknya JNE, akan tetapi waktu pegiriman
lebih cepat tidak membutuhkan waktu yang lama.
6. GO-RIDE
merupaka layanan gojek untuk mengantarkan konsumen kemana saja sesuai alamat
yang dituju.
7. GO-FOOD
adalah salah satu fitur dalam aplikasi GO-JEK. GO-FOOD memberikan pelanggan
kemudahan dalam layanan pesan antar makanan.
8. GO-MART
adalah layanan terbaru dari Go-jek, yang diciptakan untuk memberikan kemudahan
berbelanja dari aplikasi ponsel, dimanapun kita berada, terdapat puluhan toko
dengan pulahan ribu produk sehingga akan lebih praktis dalam kemudahan
berbelanja.
9. GO-CLEAN
merupakan jasa atau pelayanan bersih-bersih baik itu untuk membersihkan rumah
atau kantor atau yang lainnya
10. GO-GLAM
merupakan jasa layanan salon, yang memberikan kemudahan pelayanan kecantikan
dan sebagainya.
11. GO-MASSAGE
yang merupakan layanan untuk memesan pijat, refleksi dll.
12. GO-BUSWAY
merupakan layanan jasa gojek untuk membantu para calon penumpang busway dalam
mencari/melihat halte-halte busway dan rute, dan juga solusi pengantar calon
penumpang busway dari lokasi dia berada menuju halte yang diinginkan.
13. GO-CAR
merupakan layanan untuk mengantarkan konsumen kemana saja sesuai alamat yang
dituju menggunakan mobil.
14. GO-TIX
layanan untuk memudahkan pelanggan membeli tiket, karcis untuk event ataupun
tiket bioskop.
15. GO-PULSA
adalah layanan untuk memudahkan pelanggan membeli pulsa tanpa harus keluar
rumah.
16. GO-MED
layanan untuk memudahkan membeli obat di apoteker apoteker.
17. GO-AUTO
layanan untuk memudahkan merawat kendaraan
2 Komentar untuk "HUBUNGAN FITUR GO PAY TERHADAP MINAT PENGGUNAAN TRANSPORTASI ONLINE GOJEK"
Kak boleh minta lengkapnya?
Cililarrow@gmail.com
Selamat siang, kak boleh minta makalah lengkapnya?
novika336@gmail.com