berbagi referensi skripsi

HUBUNGAN FITUR GO PAY TERHADAP MINAT PENGGUNAAN TRANSPORTASI ONLINE GOJEK

BAB I

PENDAHULUAN


A.  Latar Belakang Masalah

Sejalan dengan kemajuan dalam pendidikan, perekonomian yang lebih  makmur, perubahan sosial budaya masyarakat, serta perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, maka kesadaran masyarakat terhadap unsur – unsur pelayanan yang dapat diberikan oleh perusahaan semakin meningkat.
Pada saat ini kesadaran konsumen akan pentingnya nilai kualitas pelayanan (Service Quality) yang diberikan oleh perusahaan, baik dalam bentuk jasa maupun dalam bentuk barang semakin meningkat. Dari beberapa pengalaman menunjukan bahwa atas pemberian suatu kualitas jasa/pelayanan tertentu akan menimbulkan penilaian yang berbeda dari setiap konsumen, karena tergantung dari bagaimana konsumen mengharapkan kualitas jasa/pelayanan tersebut. (Valerie A. Zeithmal, dkk (1985:49)).
Konsumen adalah satu-satunya yang dapat menilai baik tidaknya kualitas pelayanan. Konsumen menilai pelayanan tersebut dengan cara membandingkan pelayanan yang mereka terima (perception) dengan pelayanan yang mereka harapkan (expectation). Bila konsumen merasa sangat puas terhadap pelayanan yang diberikan oleh suatu perusahaan akan mengakibatkan konsumen tersebut akan kembali lagi untuk mengadakan pembelian ulang (rebuying). Dengan kata lain perusahaan yang dapat memuaskan konsumen akan memiliki konsumen yang loyal.
Salah satu sektor jasa yang memiliki peranan yang cukup vital dalam menunjang kegiatan sehari-hari adalah sektor jasa transportasi.Transportasi merupakan sarana perkembangan yang penting bagi kehidupan. Pentingnya transportasi tersebut tercermin pada semakin meningkatnya kebutuhan akan jasa angkutan bagi mobilitas orang serta barang sebagai akibat meningkatnya perkembangan penduduk dan pengembangan pemukiman di kota-kota besar.
Pada saat ini industri jasa transportasi ojek semakin marak di Indonesia. Perusahaan PT. GOJEK merupakan salah satu badan usaha yang mengkonsentrasikan salah satu bidang usahanya di sektor industri jasa transportasi yaitu layanan ojek online.
Goj-ek yang dimaksud dalam penelitian ini adalah transportasi umum informal di Indonesia yang berupa sepeda motor dan mobil. Adapun status Gojek saat ini telah resmi diakui keberadaannya oleh pemerintah dan telah mengantongi ada izin untuk pengoperasiannya. Penumpang biasanya satu orang namun kadang bisa berdua jika penumpang memilih  fitur gijek untuk seper motor, sedangkan untuk mobil dinamakan gocar dengan kapasitas daya tampung maksimal 4 orang. Dengan harga yang telah ditentukan tanpa perlu lagi tawar menawar dengan sopirnya dahulu.
Gojek banyak digunakan oleh penduduk kota-kota besar misalnya di Makassar. Karena kelebihannya dengan angkutan lain yaitu lebih cepat dan mudah diperoleh yakni hanya dengan menggunakan aplikasi gojek yang dapat didownloada pada HP berfitur android. Aplikasi Gojek sangat mudah digunakan, cukup mengisikan alamat email dan nomor telepon maka registrasi member gojek telah siap digunakan.
Adapun kelebihan dari aplikasi gojek saat iniakni adanya fiturn go-pay yang berfungsi seperti layaknya kartu kredit. Seorang pelanggan dapat mengisi gopay pada aplikasi gojeknya di supermarket tersekat seperti indomaret maupun alfamart.
Kelebihan dari penawaran aplikasi penggunaan gopay dalam transaksi gojek, yakni adanya potongan harga yang lebih murah dari tariff jika transaksi cash dan tentunya costumer tak perlu repot menyediakan uang untuk pembayaran jasa transportasi.
Daya menjangkau gojek saat ini juga sudah mencapai luar daerah tetapi dengan tariff yang berbeda tetap yakni perhitungan rupiah/kilometer. GO-JEK sangatlah mengikuti perkembangan teknologi. GO-JEK lebih mengacu pada penggunaan teknologi untuk pemesanan ojek itu sendiri. Sebagai suatu perusahaan swasta tentu saja PT. GOJEK hadir untuk mendapatkan keuntungan sekaligus memberikan pelayanan yang memuaskan bagi konsumen. Akan tetapi bukan hanya PT. GOJEK sendiri yang bergerak di bidang jasa transportasi ojek online ini sehingga hal ini menimbulkan persaingan antar perusahaan yang bergerak di bidang ini. Saingan dari GO-JEK sendiri ada 6 perusahaan yang bergerak di bidang yang sama diantaranya, Grabike, dan uber yang saat ini telah hadir di Kota Makassar. Mereka saling berlomba-lomba untuk memberikan pelayanan yang terbaik untuk penumpang, karena kepuasan konsumen adalah hal yang sangat penting untuk ditonjolkan untuk memenangkan persaingan.
Aspek-aspek yang mendukung terjadinya terjadinya akselerasi perubahan itu antara lain; 1). Perusahaan yang semakin bersifat global, 2). Perubahan selera pelanggan, baik selera pelanggan akhir maupun pelanggan bisnis, 3).Arena persaingan yang semakin luas baik domestik maupun internasional. 4). Teknologi yang semakin mengarah pada perubahan (Swastha dan Irawan,1999).
Berdasarkan pengalaman serta perbincangan dengan orang-orang yang merupakan pelanggan gojek, ada hal-hal yang tentu saja mereka keluhkan dari layanan driver gojek. Ada pula web berupa kumpulan saran dan kritik terhadap gojek http://keluhan-gojek.ojekgratis.com/ dimana Keluhan konsumen didominasi oleh beberapa kritik seperti, driver gojek yang tidak mengenakan atribut dari PT.GOJEK sesuai ketentuan berlaku, driver gojek yang minim pengetahuan mengenai rute penjemputan/lokasi tujuan pelanggan, dan kedatangan driver gojek yang tidak sesuai dengan estimasi yang diberikan aplikasi Go-Jek.
Berdasarkan kondisi di atas penulis tertarik untuk membahas masalah dalam penelitian dengan judul penelitian yang dipilih oleh penulis adalah: “HUbungan Ftur Go-Pay Terhadap MInat Penggunaan Transportasi Online Go-Jek”

B. Rumusan Masalah

1.  Apakah terdapat hubungan adanya fitur gopay terhadap minat penggunaan transportasi online Gojek?
2.  Bagaimana pendapat pengguna pada penyediaan fitur pembayaran gopay pada penggunaan transportasi online Gojek?

C. Tujuan Penelitian

Tujuan dari penelitian ini adalah:
1.  Untuk mengetahui apakah terdapat hubungan adanya fitur gopay terhadap minat penggunaan transportasi online Gojek.
2.  Untuk mengetahui bagaimana pendapat pengguna pada penyediaan fitur pembayaran gopay pada penggunaan transportasi online Gojek.

D. Kegunaan Penelitian

Adapun kegunaan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah:
1.  Bagi perusahaan. Penelitian ini diharapkan berguna sebagai sarana untuk memberikan sumbangan penilaian bagi perusahaan dalam mempertahankan konsumen, dan meningkatkan pelayanan.
2.  Bagi Peniliti
Penelitian ini diharapkan dapat menambah pengetahuan dan wawasan peneliti dengan menerapkan teori-teori yang diperoleh dalam perkuliahan dan menghubungkannya dengan kenyataan yang  sebenarnya. Sehingga dapat menambah pemahan penulis dalam bidang  pemasaran  khususnya Brand Image dan kepuasan.
3.  Bagi Akademis
Penelitian ini diharapkan dapat mengembangkan sumber ilmu pengetahaun di bidang komunikasi, khususnya bagi akademis yang tertarik meneliti berkaitan dengan pengguna jasa Gojek

E.  Ruang Lingkup/Batasan Penelitian

Ruang lingkup atau batasan dalam penelitian ini adalah penggunaan fitur aplikasi trasportasi online yakni gojek dengan penggunaan fitur gopay dan minat pelanggan pengguna jasa trasnportasi online.

F.  Definisi dan Istilah, Glosarium

1.  Gojek adalah aplikasi merupakan sebuah perusahaan teknologi asal Indonesia yang melayani angkutan melalui jasa ojek. Perusahaan ini didirikan pada tahun 2010 di Jakarta oleh Nadiem Makarim.
2.  Gopay adalah aplikasi transaksi online sebagai layanan pembayaran.
3.  Minat pelanggan adalah merupakan salah satu aspek psikologis yang mempunyai pengaruh  cukup  besar  terhadap  perilaku  dan  minat  juga  merupakan sumber motivasi yang akan mengarahkan seseorang dalam melakukan apa yang mereka lakukan.
4.  GO-BOX yang merupakan layanan yang baru di launching pada bulan oktober ini yang melayani untuk memesan mobil pick up, mobil boox, truk engkel dan truk engkel boox untuk antar dan kirim barang dalam jumlah besar.
5.  GO-SEND yang merupakan layanan pengiriman barang layaknya JNE, akan tetapi waktu pegiriman lebih cepat tidak membutuhkan waktu yang lama.
6.  GO-RIDE merupaka layanan gojek untuk mengantarkan konsumen kemana saja sesuai alamat yang dituju.
7.  GO-FOOD adalah salah satu fitur dalam aplikasi GO-JEK. GO-FOOD memberikan pelanggan kemudahan dalam layanan pesan antar makanan.
8.  GO-MART adalah layanan terbaru dari Go-jek, yang diciptakan untuk memberikan kemudahan berbelanja dari aplikasi ponsel, dimanapun kita berada, terdapat puluhan toko dengan pulahan ribu produk sehingga akan lebih praktis dalam kemudahan berbelanja.
9.  GO-CLEAN merupakan jasa atau pelayanan bersih-bersih baik itu untuk membersihkan rumah atau kantor atau yang lainnya
10.   GO-GLAM merupakan jasa layanan salon, yang memberikan kemudahan pelayanan kecantikan dan sebagainya.
11.   GO-MASSAGE yang merupakan layanan untuk memesan pijat, refleksi dll.
12.   GO-BUSWAY merupakan layanan jasa gojek untuk membantu para calon penumpang busway dalam mencari/melihat halte-halte busway dan rute, dan juga solusi pengantar calon penumpang busway dari lokasi dia berada menuju halte yang diinginkan.
13.   GO-CAR merupakan layanan untuk mengantarkan konsumen kemana saja sesuai alamat yang dituju menggunakan mobil.
14.   GO-TIX layanan untuk memudahkan pelanggan membeli tiket, karcis untuk event ataupun tiket bioskop.
15.   GO-PULSA adalah layanan untuk memudahkan pelanggan membeli pulsa tanpa harus keluar rumah.
16.   GO-MED layanan untuk memudahkan membeli obat di apoteker apoteker.
17.   GO-AUTO layanan untuk memudahkan merawat kendaraan


2 Komentar untuk "HUBUNGAN FITUR GO PAY TERHADAP MINAT PENGGUNAAN TRANSPORTASI ONLINE GOJEK"

Kak boleh minta lengkapnya?

Cililarrow@gmail.com

Selamat siang, kak boleh minta makalah lengkapnya?

novika336@gmail.com

Back To Top